Tips Tata Ruang Kelas yang Baik dan Menarik

Pada kenyataannya kesuksesan pembelajaran siswa di dalam ruang kelas tidak hanya bergantung pada guru dan murid. Lebih dari itu penataan ruang kelas menjadi pemicu munculnya semangat belajar yang lebih kuat. Selain itu tata ruang yang baik dan menarik bisa meningkatkan konsentrasi dan daya ingat saat materi pelajaran diterangkan oleh guru.

Coba anda bayangkan jika ruang kelas anda tidak didekorasi dengan baik. Sampah kertas berserakan, meja kursi tidak tertata rapi atau muncul bau yang tidak sedap pasti anda tidak bergairah di dalam ruang kelas. Begitu juga dengan para guru yang akan mengajar mereka seolah-olah memasuki dunia baru yang lebih jelek dari ruangan dirumah mereka. Akibatnya mereka mengajar dengan perasaan terpaksa dan tidak dapat memberikan materi pelajaran secara sempurna.

Saya menyadari bahwa sarana dan prasarana sekolah adalah milik sekolahan. Namun bukan berarti anda tidak berkesempatan mendekorasinya. Sebagai siswa yang baik seharusnya anda dan teman-teman sekelas berdiskusi dengan guru wali kelas bagaimana menata ruang kelas supaya terlihat baik, menarik, cantik, dan tentunya memberikan rasa aman saat belajar.

Tips Tata Ruang Kelas yang Baik dan Menarik

Tips tata ruang kelas yang baik


1. Meja dan kursi siswa

Untuk mendapatkan kenyamanan dalam belajar tentu meja dan kursi menjadi prioritas utama penataan ruang kelas. Usahakan posisi meja dan kursi lurus ke belakang sedangkan arah samping kanan dan kiri sejajar lurus. Usahakan juga jarak meja dan kursi tidak terlalu rapat karena membuat nafas mudah sesak.

Hindarkan meja dan kursi anda dari coretan-coretan, gambar atau tulisan yang tidak jelas. Selain tidak sedap dipandang mata hal tersebut menurunkan tingkat konsentrasi saat belajar.

Dan yang tidak kalah pentingnya meja dan kursi yang digunakan harus dari bahan yang kokoh dan tidak mudah lapuk. Hal ini bertujuan supaya meja dan kursi tidak mudah rusak atau bergoyang sehingga menimbulkan suara yang mengganggu proses belajar mengajar.

2. Pintu, jendela dan dinding kelas

Jangan biarkan pintu, jendela dan dinding ruang kelas anda tanpa pengawasan bersama. Sebagian siswa terkadang suka bermain pintu yang tidak seharusnya sehingga berdampak pintu mudah kotor atau sering berbunyi tidak jelas.

Begitu juga dengan jendela kaca yang ada sering-seringlah membuat jadwal piket untuk membersihkan jendela karena juga jendela mudah berdebu sehingga tidak bening lagi. Selain itu perhatikan juga kebersihan tirai jendela tersebut. Jika sudah berbau tidak sedap berinisiatif lah untuk mencucinya. Tentu saja hal ini harus didiskusikan dengan pihak sekolah supaya ada interaksi yang harmonis.

Mengenai dinding kelas anda bisa mendekorasinya dengan foto atau diagram yang bertujuan sebagai media belajar. Meskipun begitu jangan terlalu banyak menempelkannya pada dinding karena jika terlalu penuh pemandangannya tidak lagi cantik dan menarik.

3. Lantai kelas

Untuk urusan kebersihan lantai kelas sebuah komitmen berani bersih adalah solusinya. Sebagian siswa yang membuang sampah sembarangan di dalam kelas harus mendapat teguran bersama dari para siswa lain bahkan harus dilaporkan kepada guru.

Jika ruang kelas telah dibersihkan oleh karyawan sekolah maka tugas anda lebih ringan. Namun kalau tidak ada karyawan sekolah yang membersihkannya maka jadwal piket harian adalah solusi terbaik.

Usahakan di luar kelas ada keset yang baik dan berkualitas. Tidak hanya sebagai hiasan, tetapi juga berguna membersihkan kotoran yang menempel pada sepatu atau kaki.

4. Meja dan kursi guru

Aturlah posisi meja dan kursi guru berada disudut dekat dengan almari. Selain itu memperlakukan meja dan kursi guru harus berbeda. Untuk meja sebaiknya diberikan alas sebuah taplak sehingga menimbulkan kesan elegan. Di samping itu untuk menambah kesan cantik dan menarik letakkan sebuah vas bunga kecil di atas meja.

5. Perlengkapan kelas

Semua kebutuhan penunjang proses belajar mengajar di dalam kelas harus tersedia semua, seperti penghapus papan tulis, penggaris, buku agenda, dan peralatan kebersihan. Selain itu usahakan perlengkapan tersebut mudah dijangkau, tetapi tidak ditaruh disembarangan tempat.

Untuk menambah kesan nyaman dalam belajar mungkin pihak sekolah bisa menaruh kipas angin disetiap ruang kelas. Selain mempercantik dekorasi ruangan juga berguna mengganti sirkulasi udara.

Kesimpulannya, meskipun tugas seorang pelajar adalah belajar yang baik dan tekun. Namun bukan berarti aspek-aspek penunjang keberhasilan pembelajaran menjadi diabaikan. Penataan ruang kelas mungkin terlihat sederhana, tetapi dibalik itu terdapat pengaruh yang besar terhadap kenyamanan guru dan para siswa. Oleh karena itu dekorasi ruang kelas anda dengan sebaik-baiknya sehingga hasil pembelajaran lebih meningkat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel