Tips Mudah Cara menjadi Murid Teladan di Sekolah

Salah satu kegembiraan seorang guru adalah memiliki murid teladan disekolah. Bagaimana tidak keberadaan pelajar tersebut seolah-olah menjadi angin segar bagi para guru untuk tetap semangat mengajar. Selain itu para guru juga tidak segan-segan untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman berharga dalam rangka menjadikan mereka pelajar yang cerdas dan sukses.

Meskipun begitu ternyata tidak mudah bagi guru untuk memiliki murid teladan. Kenyataannya kondisi lingkungan, teman dan pergaulan sering menjadi hambatan besar seorang pelajar menjadi murid teladan. Selain itu pendidikan dirumah oleh orang tua juga memiliki pengaruh yang besar.

Makanya sering kita jumpai guru marah-marah di dalam kelas. Ini tidak aneh mengingat kebiasaan murid disekolah menjadi sebab utama guru meperlakukan mereka. Jika anda ingin diperlakukan baik disekolah biasakanlah memiliki perilaku yang baik sehingga anda bisa menjadi murid teladan.

Berkaitan dengan hal tersebut sebenarnya anda tidak perlu cemas. Dengan beberapa tips dan cara di bawah ini anda bisa menjadi murid teladan disekolah.


Tips Mudah Cara menjadi Murid Teladan di Sekolah

Tips Mudah Cara menjadi Murid Teladan di Sekolah

 

1. Bertutur kata yang baik dan lembut

Satu hal yang pasti yang membuat anda pantas disebut murid teladan adalah kebiasaan bertutur kata yang baik dan lembut. Perkataan yang baik mengindikasikan anda menghargai dan menghormati lawan bicara anda, dalam hal ini guru dan teman. Oleh karena itu jangan bertindak bodoh dengan mengucapkan kata-kata kotor yang menyinggung perasaan.

Adapun perkataan yang lembut mengindikasikan bahwa anda seorang penyayang. Mengapa? Coba anda berpikir lebih dalam tentang hal tersebut, niscaya anda dapatkan bahwa tidaklah orang berbicara lemah lembut melainkan dia memiliki kepribadian yang baik dan nyaman. Makanya tidak heran jika tutur kata yang baik dan lembut menjadikan seorang pelajar memiliki banyak teman dan pengagum setia.

Jika kebiasaan ini anda jadikan kebiasaan maka predikat murid teladan tidak perlu anda dapatkan dengan susah payah. Bahkan bisa jadi hal; tersebut mengalir begitu saja.

2. Berpakaian rapi dan bersih

Memang pada dasarnya pakaian yang rapid an bersih belum membuktikan bahwa dia seorang murid teladan. Bahkan bisa jadi seorang murid yang nakal pun juga melakukannya. Namun begitu saya tetap memasukkan hal tersebut karena beberapa alasan.

Murid yang berpakaian rapi dan bersih biasanya lebih peduli dengan anggapan atau kesan yang baik. Dari sini muncul pertanyaan apakah hal tersebut diperoleh secara mandiri (menyetrika pakaian sendiri) atau melalui orang lain (orang tua atau pembantu rumah tangga). Jika dilakukan secara mandiri saya berani berkata bahwa dia pantas disebut murid teladan. Bagaimanapun juga menyetrika adalah pekerjaan yang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan.

3. Patuh pada tata tertib disekolah

Seiring dengan perkembangan dunia sebuah kreatifitas bisa menjadi solusi cerdas mencapai sebuah kesuksesan dan pujian. Namun untuk kebaikan disekolah hal tersebut tidak berlaku. Untuk menjadi murid teladan anda harus mematuhi tata tertib disekolah tersebut. Jangan beripkir untuk melakukan bolos sekolah, datang ke sekolah terlambat atau kegiatan lain yang membuat kesan buruk dimata guru.

Perbuatan dan kebiasaan tersebut hanya akan membuat anda pelajar yang bermasalah. Parahnya lagi anda bisa dianggap murid yang merusak tata tertib sekolah. Akibatnya anda bisa dikeluarkan dari sekolah tersebut.

Oleh karena itu perhatikan betul apa yang menjadi tata tertib di sekolah. Jangan melakukan hal-hal yang aneh yang membuat anda menyesal nantinya. Dengan begitu kesempatan anda menjadi murid teladan dapat terwujud meskipun belum beriring dengan prestasi disekolah.

4. Melaksanakan dan mengerjakan semua tugas

Bagi seorang guru tugas yang sudah diberikan adalah simbol untuk mengetahui pribadi pelajar. Sebagai pelajar yang cerdas biasanya mereka konsisten mengerjakan tugas dari para guru. Oleh karena itu tidak heran jika hal tersebut menjadikan mereka murid teladan.

Meskipun begitu bagi anda dengan kecerdasan rata-rata tetap bisa menjadi murid teladan asalkan anda mengerjakan tugas tersebut secara sungguh-sungguh dan tepat waktu. Anda harus percaya bahwa guru anda mengetahui mana murid yang mengerjakan secara sungguh-sungguh atau sekedar menyontek.

5. Berperan aktif dalam kegiatan atau organisasi disekolah

Salah satu kesempatan emas yang efektif seorang pelajar menjadi murid teladan adalah mengikuti organisasi sekolah dan berperan aktif dalam kegiatan tersebut. Ini tidak mudah mengingat besarnya tanggung jawab yang diembannya. Namun demikian saya percaya jika anda masuk dalam lingkaran tersebut interaksi anda dengan guru, kepala sekolah, dan staf karyawan maupun murid lainnya akan berjalan lancar dan baik.

Ini penting karena anda bisa menjadi murid teladan kalau kesan atau anggapan sebagian besar warga sekolah baik, memikat dan mengagumkan baik dalam hasil atau sekedar proses perencaan dan pelaksanaannya.

Kesimpulannya, meskipun dalam proses belajar disekolah menjadi pelajar yang sukses adalah harapan besar. Namun untuk tujuan tersebut tidak ada salahnya anda memperhatikan ciri-ciri pelajar yang baik dan cara meraihnya. Dengan begitu kesempatan anda menjadi murid teladan dapat terwujud dalam waktu dekat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel