Inilah Tanggung Jawab Seorang Pelajar Di Sekolah

Merupakan kebaktian pelajar disekolah adalah melaksanakan semua tanggung jawabnya dengan penuh kesungguhan. Bukan sekedar berangkat kesekolah untuk bertemu teman-teman, tetapi lebih dari itu seorang pelajar dituntut patuh dan taat pada peraturan sekolah.

Setelah pihak sekolah telah berusaha melaksanakan kewajibannya kepada para siswa, maka sudah semestinya kalau para siswa juga berusaha melaksanakan kewajibannya disekolah. Memang banyak hal yang mempengaruhi sifat dan perilaku para siswa bahkan kondisi sekolah. Namun demikian tanggung jawab seorang pelajar tetap harus diperhatikan.


Inilah Tanggung Jawab Seorang Pelajar Di Sekolah


Inilah 5 tanggung jawab pelajar dilingkungan sekolah


1. Berkemauan keras untuk belajar yang sungguh-sungguh

Terlepas dari cara atau metode mengajar seorang guru di dalam kelas sudah sewajarnya para pelajar belajar dengan baik dan penuh tanggung jawab. Mungkin ada guru yang bisa menerapkan cara belajar yang menyenangkan, tetapi tidak jarang pula sebagian guru mengajar dengan cara yang kaku.

Meskipun begitu hal tersebut tetap tidak bisa dijadikan alasan untuk malas belajar. Apalagi tantangan pendidikan berupa ulangan atau ujian sekolah adalah tolak ukur kesuksesan cara belajar dan penguasaan materi pelajaran. Oleh karena itu kemauan keras dalam belajar adalah cara efektif untuk meraih prestasi disekolah yang berujung pada juara umum disekolah.

2. Mengerjakan semua tugas sekolah

Merupakan kewajiban seorang pelajar adalah mengerjakan semua tugas sekolah yang diberikan Bapak/Ibu Guru. Tidak terbatas pada ulangan atau ujian sekolah, tetapi lebih dari itu pekerjaan rumah (PR) tetap harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Kalaupun tugas tersebut berupa tugas kelompok maka harus diusahakan memperoleh kepuasan dari para guru walaupun tidak semua tugas dapat dikerjakan dengan sempurna. Namun demikian usaha yang maksimal tetap harus anda prioritaskan.

3. Memperhatikan kebersihan

Dalam kaitannya dengan kebersihan lingkungan sekolah tentu sebuah tanggung jawab sangat diperlukan. Apakah itu membersihkan halaman kelas atau ruang sekolah tetap saja sebuah pengaturan piket membantu para pelajar menjadi lebih mandiri. 

Di sisi lain dengan adanya jadwal piket mengarahkan para pelajar untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah terutama kelas di mana jika kotor harus menerima perintah membersihkannya. Dengan cara ini diharapkan para pelajar membuang sampah pada tempatnya, tidak mengotori tembok sekolah. Meskipun begitu kebersihan diri seorang pelajar seperti seragam yang rapi dan bersih adalah tanggung jawab utama seorang pelajar.

4. Mentaati dan mematuhi peraturan sekolah

Setiap sekolahan memiliki peraturan dan tata tertib sebagai landasan utama keberhasilan pendidikan dari sekolah tersebut. beberapa peraturan pun diperlukan untuk menjaga keteraturan kondisi dan situasi sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat aman dan nyaman.

Terlepas dari banyaknya peraturan yang ada setiap pelajar boleh melakukan kegiatan apa saja asalkan tidak menyalahi peraturan sekolah. Para pelajar diperbolehkan menggunakan sarana dan prasarana sekolah untuk belajar dan berkreatifitas. Namun sangat ditekankan untuk merawat dan menjaga peralatan dan perlengkapan sekolah supaya awet.

Selain itu ketaatan yang harus dijaga adalah melaksanakan upacara bendera dengan hikmat. Memasuki kelas setelah bel masuk berbunyi dan tidak membuat gaduh suasana kelas atau lingkungan sekolah adalah bentuk ketaatan yang menjadi tanggung jawab para pelajar disekolah.

5. Bertutur kata dan berperilaku baik, sopan kepada Guru

Tujuan dari pendidikan disekolah adalah mencetak para pelajar menjadi cerdas berdasarkan pendidikan agama dan moral. Oleh karena itu para pelajar hendaknya bertutur kata dan berperilaku yang baik, sopan, santun dan penuh hormat kepada para guru dan staf karyawan sekolah.

Lebih dari itu para pelajar juga bertanggung jawab menjaga kerukunan disekolah baik itu kepada para guru atau teman-teman disekolah. Menjaga komunikasi yang harmonis, interaksi yang berdasarkan rasa kekeluargaan adalah hal yang harus diperhatikan semua pelajar disekolah.

Kesimpulannya, terlepas dari hak-hak yang dimiliki pelajar disekolah tetap saja seorang pelajar tidak boleh mengabaikan tanggung jawabnya sebagai pelajar. Berharap dan bercita-cita menjadi pelajar yang cerdas, terpelajar, mandiri, percaya diri hanya bisa diwujudkan manakala anda telah menjadi pelajar yang baik. Oleh karena itu perhatikan tanggung jawab anda disekolah supaya langkah anda menjadi sukses

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel