Sebab dan Dampak Buruk Bolos Sekolah bagi Pelajar

Memikirkan pelajar yang sering membolos sekolah tentu ini menjadi kabar buruk dalam dunia pendidikan. Bagaimana tidak seorang pelajar yang seharusnya menuntut ilmu dan terus memperdalamnya terhenti dengan tindakan konyol yang justru merugikan diri sendiri. Apalagi jika dilakukan secara bersamaan beberapa pelajar hal ini menjadi langkah mundur sebuah bangsa.

Sebagai seorang pendidik yang baik tentu membolos sekolah tindakan yang tidak boleh dibiarkan begitu saja. Terlebih memperhatikan kualitas sumber daya pelajar kita yang masih jauh di bawah negara lain sebuah langkah cerdas harus dilakukan.

Oleh karena itu sebelum membahas tentang dampak buruk yang ditimbulkan ada baiknya anda mengetahui penyebab seorang pelajar mau bolos sekolah. Ini penting dibahas agar kedepannya tindakan ini tidak menjadi kebiasaan buruk yang melekat.


Sebab dan Dampak Buruk Bolos Sekolah bagi Pelajar



Penyebab pelajar bolos sekolah


Dalam kaitannya dengan bolos sekolah seorang pelajar/siswa/murid tentu guru atau pendidik yang baik harus cerdas menemukan penyebab utama yang menjadi alasan untuk membolos. Memang hal ini tidak bisa dilakukan dengan cepat mengingat ada banyak faktor yang menjadi pemicunya. Namun dari semua itu seorang guru diharapkan bisa menghadirkan solusi cerdas mengatasi hal tersebut.

1. Menurunnya motivasi belajar disekolah

Bagi seorang pelajar bukan hal yang aneh kalau motivasi belajar disekolah bersifat naik turun. Ini terjadi karena motivasi belajar disekolah bersifat psikologis. Ini terlihat jelas disaat mereka dirundung permasalahan yang sulit atau rumit. Makanya tidak mengherankan kalau ada pelajar yang dalam kondisi motivasi belajar lemah untuk bolos sekolah.

Meskipun begitu tetap saja membolos sekolah bukan hal yang benar. Terlebih lagi jika anda menginginkan menjadi pelajar yang cerdas terpelajar. Pelampiasan kekecewaan seperti ini hanya berdampak buruk bagi tujuan anda menjadi pelajar yang sukses. Oleh karena itu ada baiknya anda belajar kestabilan motivasi belajar anda supaya tidak menurun dengan memperhatikan hasil yang telah dicapai oleh pelajar lain yang terlebih dahulu sukses dalam pendidikan.

2. Lemahnya rasa percaya diri

Bertolak menjadi pelajar yang percaya diri bukanlah hal yang mudah. Kenyataannya banyak pelajar yang cerdas memiliki kepercayaan diri yang lemah. Bukan berarti mereka tidak tahu harus berbuat apa, tetapi mengacu apa yang terjadi mereka disibukkan dengan hal teknis yang sebenarnya sepele. Rasa grogi yang berlebihan bisa menjadi pemicu rendahnya rasa percaya diri seorang pelajar.

Di sisi lain rasa percaya diri yang rendah ini berdampak lebih buruk kepada pelajar yang kurang cerdas. Coba bayangkan ketika mereka dihadapkan pada keadaan di mana sulit memahami materi pelajaran kemudian harus berjibaku dengan nilai ujian yang buruk maka hal ini menjadi pemicu rendahnya rasa percaya diri. Sehingga tidak heran jika hal tersebut menjadikan bolos sekolah sebagai penyegar otak supaya tidak stres.

Meskipun demikian tidak sepantasnya kondisi di atas menjadikan anda lemah dalam dunia pendidikan. Ingat, bagaimanapun juga tidak ada langkah praktis mendapatkan nilai yang bagus. Mungkin tinggi kalau dengan dengan menyontek, tetapi perlu anda ketahui bahwa hal tersebut hanya bersifat sementara dan ketika anda terjun sesungguhnya didunia kerja anda akan kecewa.

3. Ketidakpedulian orang tua terhadap pendidikan anak

Sudah menjadi rahasia umum bahwa seorang anak sangat menginginkan perhatian dan kasih sayang dari orang tua. Namun keadaan orang tua yang bekerja berlebihan atau pulang sampai larut malam menjadi dinding tebal yang menjadi pemisah dengan sang anak. Makanya mereka mencoba mencari cara supaya dapat berinteraksi dekat dengan orang tua. Meskipun beresiko tinggi, tetapi mempertimbangkan kefektifan cara mereka memilih untuk bolos sekolah.

Pada dasarnya bolos sekolah memang tidak baik bagi pendidikan sang anak, tetapi jika hal tersebut menjadikan interaksi dengan orang tua dapat terwujud apa boleh buat. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk memberikan perhatian yang cukup kepada anak mereka. Gali juga pengetahuan anda tentang perkembangan pendidikan sang anak disekolah. Harapannya mereka akan merasa nyaman untuk belajar disekolah dan keinginan bolos sekolah tidak akan terjadi.

4. Kesalahan dalam kegiatan belajar mengajar

Mungkin anda pernah belajar dalam suasana yang membosankan? Apa yang terjadi? Anda kesal, kecewa atau marah?

Pada sebagian kasus kita sering mendengar proses belajar mengajar tidak berjalan sesuai harapan. Bagaimana tidak guru sebagai pengajar utama di dalam kelas sering memberikan tugas yang banyak kemudian duduk menunggu sampai selesai dan tidak memperhatikan proses mengerjakannya. Bahkan yang lebih parah ada sebagian guru yang menggunakan waktu tersebut untuk tidur.

Dalam keadaan begini tentu saja pelajar yang cerdas dapat memanfaatkan waktu dengan baik. Namun lain halnya dengan pelajar yang mudah bosan. Jika sebagian besar guru seperti ini maka boleh jadi kesempatan tersebut menjadi peluang untuk bolos sekolah.

5. Peraturan sekolah yang longgar

Memang setiap sekolah memiliki peraturan yang harus dipatuhi semua siswa atau murid. Namun keberadaan peraturan yang longgar karena ketegasan pihak sekolah yang rendah menjadi pemicu seorang pelajar untuk bolos sekolah. Ini bisa terjadi karena hukuman pelajar yang bolos sekolah hanya bersifat ringan. Boleh jadi hukuman hanya bersifat menguras fisik sehingga efek jera tidak berjalan lancar.

6. Interaksi dengan guru buruk

Salah satu kebiasaan jelek seorang guru adalah mudah marah kepada para siswanya. Apakah ini terjadi karena faktor murid atau guru saya tidak tahu. Namun bagi para pelajar guru yang sering marah dalam kelas merupakan wujud interaksi yang buruk antara siswa dan guru.

Dari sekian banyak penyebab bolos sekolah mungkin faktor guru seperti ini yang menjadi alasan seorang pelajar. Bagaimana tidak ketika seorang guru sering marah maka kemungkinan besar membawa efek buruk terhadap mental pelajar. Sehingga sering kali nilai akademik menurun secara drastis.

Meskipun demikian saya menyadari bahwa seorang guru bisa marah karena ada sebagian murid yang nakal. Ini umum terjadi diberbagai tingkat pendidikan. Oleh karena itu penting bagi guru untuk mengetahui cara fektif mengatasi murid yang nakal.

Dampak buruk bolos sekolah bagi pelajar


1. Kedisiplian menurun

Satu hal yang pasti ketika seorang pelajar bolos sekolah adalah mereka tidak mematuhi aturan sekolah. Tidak masuk sekolah memang boleh jika keadaan sedang sakit atau ijin karena ada hal yang penting dan mendesak. Bahkan jika ada anggota keluarga yang meninggal ijin dari sekolah sangat dimaklumi.

Berbeda halnya jika bolos sekolah dilakukan karena salah satu penyebab bolos di atas. Bagaimanapun juga bolos sekolah seperti ini dapat menurunkan kedisiplinan anda sebagai pelajar.

Apa pentingnya kedisiplinan?

Merupakan hal yang aneh kalau sebagai pelajar anda tidak mengetahui dampak buruk kedisiplinan yang rendah. Coba anda bayangkan bagaimana keadaan orang sukses di luar sana. Apakah mereka mencapai kesuksesan dengan cara bersantai-santai atau dengan kedisiplian tinggi?

Saya tidak membandingkan anda dengan mereka, tetapi cobalah untuk memahami bahwa jalan mencapai kesuksesan itu butuh proses, kerja keras dan waktu. Dalam hal ini langkah pertama untuk tujuan tersebut adalah kedisiplinan yang tinggi. Jika anda mudah sekali berpikir untuk bolos sekolah saya tidak dapat menjamin bahwa suatu saat akan sukses.

2. Nilai akademik memburuk

Ketika seorang pelajar mau melakukan bolos sekolah pada hakekatnya dia sedang mencari cara untuk gagal menjadi pelajar cerdas dan sukses. Bagaimana tidak jika diperhatikan lebih jauh bukankah dia sengaja melewatkan materi pelajaran disekolah?

Bagi pelajar yang cerdas sekalipun bukanlah hal yang mudah menguasai pelajaran secara otodidak tanpa bimbingan guru. Mungkin untuk pelajaran sejarah bisa dilakukan, tetapi untuk pelajaran seperti matematika, biologi, kimia, fisika, akuntansi atau bahasa inggris hal tersebut cukup sulit.

Oleh karena itu jika anda mau menjadi pelajar yang cerdas terpelajar hindari kebiasaan buruk bolos sekolah. Fakta telah membuktikan bahwa seorang pelajar yang sering bolos sekolah biasanya memiliki nilai akdemik yang buruk. Ini tidak aneh mengingat mereka merasa asing dengan pelajaran yang menjadi bahan ujian atau ulangan.

Mengapa bingung dengan nilai akademik gunakan saja cara praktis menyontek untuk mendapatkan nilai yang tinggi?

Jika berpikir demikian berarti anda ingin kemampuan otak dan daya ingat anda dijebloskan dalam jurang yang dalam. Mengapa?

Coba anda renungkan dampak buruk dari menyontek bagi seorang pelajar. Jangan hanya terkecoh dengan mudahnya mendapatkan nilai akademik yang baik. Namun di lain sisi berdampak pada kesulitan anda menghadapi tantangan dan kesulitan.

3. Pandangan guru buruk

Pada dasarnya seorang guru memiliki kepribadian sendiri dalam menilai seorang pelajar apakah tergolong siswa yang baik atau tidak. Namun untuk bolos sekolah hampir semua guru berpandangan buruk.

Ini tidak aneh mengingat kebiasaan bolos sekolah memberikan kesan bahwa pelajar tersebut tidak mematuhi peraturan sekolah. Selain itu perbuatan itu juga mengandung unsur menyepelekan keberadaan guru sebagai pengajar dan pendidik. Makanya tidak jarang seorang guru mudah marah jika mengetahui ada murid yang bolos sekolah.

Oleh karena itu bagi anda yang mau memiliki nilai akademik yang tinggi atau interaksi dengan guru terasa nyaman hindari kebiasaan buruk bolos sekolah. Lebih baik anda gunakan waktu untuk belajar sungguh-sungguh. Ingat, pendidikan sangat penting dan bermanfaat bagi masa depan anda.

4. Dikeluarkan dari sekolah

Jangan berpikir bahwa setiap sekolah itu mau berbaik hati ketika anda melakukan pelanggaran tata tertib sekolah. Bagi pihak sekolah prestasi dan kualitas sekolah harus dijaga dengan baik. Tidak peduli berapa jumlah siswa yang dimiliki pihak sekolah jika ada siswa yang menjadi benalu atau virus kemungkinan besar menjadi prioritas untuk diperbaiki.

Masalahnya ada sebagian pelajar yang tidak memperdulikan hal ini sehingga bolos sekolah tetap menjadi kebiasaan. Dampak buruknya adalah kalau pihak sekolah sudah menyerah dengan keadaan anda. Dari sini pihak sekolah bisa saja mengambil langkah tegas dengan mengeluarkan anda dari sekolah.

Jika anda sudah dikeluarkan dari sekolah masa depan anda bagaimana?

Kesimpulan, meskipun saya menyadari bahwa ada alasan kuat yang menjadikan seorang pelajar untuk tidak masuk sekolah. Namun tidak seharusnya anda terjerumus pada perbuatan melanggar tata teritb seperti bolos sekolah. Ingat, hal tersebut justru membawa dampak buruk yang manakutkan. Jadi, jangan terbuai dengan kesenangan sesaat yang menghancurkan mimpi anda menjadi pelajar yang cerdas, terpelajar dan sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel