Tips Praktis Mengatasi Bullying di Sekolah Secara Efektif

Belakangan ini perilaku sebagian pelajar cukup memprihatinkan karena semakin marak praktek bullying disekolah atau dikampus. Bukan tanpa sebab mereka melakukan hal tersebut. Keadaan pelajar korban bullying yang lemah, penakut, dan pemalu menjadi sasaran empuk tindakan tersebut. Walaupun mereka melakukan hal ini karena iseng tentu saja hal tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja.

Masalahnya tidak semua pelajar korban bullying sanggup mengatasi cobaan ini. Mereka seperti terkurung dalam karung dan terpaksa menerima keadaan. Bahkan tidak jarang mereka sering menangis tersedu-sedu karena hal tersebut. Padahal jika hal itu tidak di atasi dengan segera resiko terburuk seperti tidak mau masuk sekolah, sering murung, berhenti bersekolah atau bahkan depresi berlebihan yang berujung kematian.

Oleh karena itu penting bagi para guru dan orang tua mengajarkan mereka cara mengatasi bullying di sekolah atau di kampus. Tips yang akan diajarkannya harus efektif mengurangi resiko terburuk dari perilaku menyimpang ini. Setidaknya tips berikut ini memberikan anda sedikit gambaran cara mengatasi praktek bullying kepada pelajar atau mahasiswa.

Sebelum itu ada baiknya anda mengetahui pengertian bullying?

Bullying adalah tindakan yang ditujukan agar seseorang merasa lemah, malu, tidak berdaya, atau di remehkan. Tindakan bullying yang biasanya di lakukan di sekolah adalah pelecehan, kekerasan fisik, pengucapan kata-kata kasar / merendahkan, dan sebagainya.

Tips Praktis Mengatasi Bullying di Sekolah Secara Efektif

Para ahli kejiwaan membagi bullying menjadi 4 macam, antara lain :


1. Bullying fisik
Bullying fisik adalah tindakan mem-bully yang mengarah pada tindakan memukul, menendang, dan aktivitas fisik lainnya yang menimbulkan rasa sakit.

2. Bullying verbal
Bullying verbal adalah tindakan mem-bully yang mengarah kata-kata kasar/kotor dengan menyakiti perasaan, mempermalukan atau membuat korban tidak berdaya.

3. Bullying emosional
Bullying emosional adalah tindakan mem-bully yang mengarah kejiwaan seseorang sehingga korban menjadi tertekan, merasa kesepian, merasa tidak diharapkan oleh teman-teman.

4. Cyber bullying
Bullying cyber adalah tindakan mem-bully yang mengarah menakut-nakuti, mempermalukan dan menyakiti perasaan melalui media internet atau teknologi digital. Metode yang digunakan biasanya berupa kirim teks atau gambar atau video lewat sosial media.

Tips Praktis Mengatasi Bullying di Sekolah Secara Efektif

Tips mengatasi bullying disekolah atau dikampus


1. Lawan dengan kalimat cerdas

Pelaku bullying selalu ingin terlihat paling kuat,paling berkuasa, paling kaya dan paling pintar dengan  merendahkan orang. Oleh karena itu mereka tidak segan-segan melakukan hal tersebut setiap ada kesempatan.

Jika anda menjadi korban mereka maka cobalah untuk melawan mereka dengan teknik yang lebih cerdas dan efektif. Jika anda di-bully melalui kata-kata kasar atau kotor yang sangat menyakitkan hati anda bisa membantahnya dengan ucapan “Kalau ucapan kamu itu benar maka kamu yang beruntung. Namun kalau ucapan kamu itu salah maka saya yang beruntung”. Anda tahu maksud kalimat ini?

Begini, jadi saat mereka mem-bully anda maka anda menjadikan anda dan pelaku 2 posisi (benar dan salah). Kalau anda tidak salah maka anda mendapatkan pahala besar dari celaan mereka yaitu kebaikan anda akan menjadi hutang keburukan mereka kepada anda. Apakah anda cukup senang?

2. Usahakan senyum

Bagi sebagian orang untuk mengurangi masalah atau cobaan yang datang mereka memilih cara ridho. Ini adalah cara terbaik untuk masalah yang memang sulit untuk di atasi.

Ketika anda sedang di-bully oleh teman dengan kata-kata kasar atau kotor yang menyayat hati maka jangan langsung sedih. Cobalah untuk mengeluarkan senyum manis anda kepada mereka.

Meskipun anda sedang dalam kondisi memprihatinkan, tetapi dengan anda senyum manis ucapan atau perilaku pelaku bully tidak akan masuk ke dalam hati. Jika tidak masuk ke dalam hati saya yakin anda akan melupakan perlakukan mereka dalam beberapa hari saja.

3. Cari orang atau teman bijak untuk curhat

Jika anda merasa bahwa perlakuan mereka terhadap anda sudah keterlaluan dan membuat anda depresi maka jangan ragu untuk mencari orang atau teman terbaik untuk curhat. Selain mengurangi beban pikiran anda juga bermanfaat mengurai masalah dan menemukan solusi terbaik untuk melawan pelaku bully tersebut.

Oleh karena itu sebaiknya anda memilih teman yang baik dan bijak. Usahakan juga teman tersebut tidak memiliki sifat pemarah atau pendendam. Karena jika mereka seperti itu anda hanya menjadi korban provokasi teman itu.

4. Laporkan pelaku kepada pihak sekolah

Sebagai penguasa sekolah, kepala sekolah, para guru dan staf karyawan adalah benteng tebal anda melawan pelaku bully. Seringnya pelaku leluasa melancarkan aksi bully karena anda diam dan tidak mau membicarakannya kepada pihak sekolah.

Jangan takut kalau anda melaporkan mereka kepada pihak sekolah. Pada dasarnya pihak sekolah tidak akan menyelesaikan masalah bully dengan cara kasar atau kejam. Jadi, anda tidak perlu khawatir karena pihak sekolah akan berusaha menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan perasaan dendam kepada salah satu pihak. Jadi, tunggu apalagi laporkan saja mereka! 

5. Laporkan pelaku kepada orang tua

Hampir sama dengan poin di atas hanya saja lapor kepada orang tua biasanya lebih bersifat komplek. Artinya ketika anda melaporkan pelaku kepada orang tua biasanya mereka akan berkonsultasi dengan pihak sekolah untuk mencari solusi terbaik.

Selain itu jika masalah bully ini cukup berat pihak sekolah kemungkinan memanggil orang tua pelaku bully untuk mengurangi sifat dan sikap menyimpangnya. Kalau masih tetap berlanjut biasanya pihak sekolah akan menyerahkan pendidikan pelaku kepada orang tuanya (dikeluarkan dari sekolah). Jadi, santai saja.

6. Bangun rasa percaya diri anda

Sebagai pelajar tentu bukan hal yang mudah untuk lari dari pelaku bullying. Sering bertemu disekolah bahkan dikelas menjadi alasan utamanya.

Meskipun begitu jalani kehidupan sehari-hari anda disekolah dengan percaya diri. Jika mereka sering mengungkit kekurangan-kekurangan anda maka ambil langkah cerdas dengan memaksimalkan potensi terbaik.

Kalau anda memiliki potensi dalam olah raga maka maksimalkan dengan berlatih keras sehingga bisa mengikuti kejuaraan daerah. Kalau anda memiliki potensi dalam bidang ilmiah seperti matematika, fisika, kimia dan lain-lain pacu terus kemampuan anda.

Dengan cara ini anda akan berjalan di depan mereka dengan perasaan bangga dan membanggakan. Memangnya siapa saya harus lari dari mereka?

Kesimpulannya, meskipun pelaku menggunakan berbagai trik dan metode yang aneh-aneh untuk mem-bully. Namun anda harus tetap yakin bahwa setelah kesusahan ada kemudahan, setelah penderitaan ada kebahagiaan. Jadi, tidak perlu takut terhadap mereka karena dengan cara praktis di atas anda bisa mengatasi bullying secara efektif.
Masih ada yang saya lewatkan? Saya tunggu masukannya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel