6 Bahaya Guru Suka Tidur di dalam Kelas

Sebagai guru yang baik dan cerdas tentu guru harus menjadi teladan para pelajar. Namun bagaimana jadinya jika anda memiliki kebiasaan suka tidur di dalam kelas. Tentu hal itu bukan kabar gembira bagi perkembangan pendidikan anda apalagi kalau hal tersebut sering dilakukan pada saat materi pelajaran yang penting. Tentu anda tidak bisa berharap nilai ulangan atau ujian para siswa akan baik atau sempurna.

Padahal kalau anda menjadi guru yang baik, cerdas dan terpelajar rencana anda mencetak generasi para pelajar yang sukses terpelajar akan semakin dekat. Ditambah lagi kesempatan anda mengarahkan mereka meraih cita-cita masa depan dapat menjadi kebanggaan mereka.

Sayangnya hal ini akan mustahil kalau guru sering tidur di dalam kelas. Setidaknya hal ini kabar menyedihkan bagi para pelajar atau pihak sekolah. Apalagi guru sebagai pondasi utama pemerintah dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa.

6 Bahaya Seorang Guru Suka Tidur di dalam Kelas


Bahaya guru suka tidur di dalam kelas


1. Mendapatkan gelar guru yang pemalas dan bodoh

Guru yang baik adalah guru yang disiplin, memiliki tekad kuat dan semangat dalam mengajar. Dengan begitu para siswa akan mengikuti sifat dan perilaku guru sehingga lebih mudah menjadi siswa berprestasi. Selain itu memudahkan para siswa berpikir positif tentang masa depan bahwa semua kesuksesan dapat diperoleh dengan kerja keras.

Namun bukan hal yang mengembirakan kalau sebagai guru anda suka tidur di dalam kelas. Anda pasti mendapatkan gelar guru yang pemalas. Apalagi kalau anda memiliki kebiasaan seperti ini setiap pelajaran berlangsung pasti para siswa merasa diabaikan. Akibatnya mereka akan sering mengeluhkan prestasinya menurun karena anda.

2. Menurunkan semangat belajar seluruh siswa

Untuk memperoleh nilai ulangan atau ujian yang baik sebuah kerja cerdas dan kerja keras adalah tuntutannya. Namun bagaimana kalau sebagai pengajarnya anda malah sering tidur di dalam kelas.

Terlepas dari beban pikiran yang sedang anda hadapi tidak semestinya menunjukkannya kepada para para siswa. Masalahnya mereka akan merasa terbebani dengan hal-hal yang tidak seharusnya mereka tahu. Akibatnya mereka tidak semangat belajar disekolah. Kalau hal ini berdampak pada nilai rapor atau ujian nasional bagaimana?

3. Membentuk siswa tidak disiplin

Pada dasarnya tidak ada kesuksesan yang dapat diraih dengan kedisiplinan. Tidak terbatas pada pekerjaan, tetapi kedisiplinan juga berpengaruh terhadap para pelajar. Oleh karena itu sudah menjadi tanggung jawab guru disekolah untuk mengarahkan dan membimbing mereka menjadi pelajar yang berdisiplin tinggi.

Sayangnya target ini akan sulit dilakukan oleh guru yang suka tidur di dalam kelas. Hal ini karena guru sebagai teladan para siswa tidak memperlihatkan kedisiplinan di dalam kelas. Akibatnya mereka tidak bersemangat menjadi pelajar yang disiplin. Kalau sebagai pelajar sudah tidak punya disiplin yang tinggi anda mau berharap apa pada mereka?

4. Sulit mencetak pelajar yang cerdas

Dalam proses belajar mengajar di dalam kelas, waktu adalah ilmu pengetahuan. Namun bagaimana kalau waku tersebut sering dimanfaatkan guru sebagai tempat untuk tidur. Bukannya mengajarkan para siswa menjadi pelajar yang cerdas, tetapi membiarkan mereka memahami materi pelajaran secara otodidak. Akibatnya mereka sering kesulitan memahami materi tersebut.

Sebenarnya memberikan tugas kepada para siswa adalah penting, tetapi jangan biarkan mereka mengerjakan tugas tersebut tanpa perhitungan yang jelas. Lebih baik anda kerja cerdas supaya pemahaman mereka terhadap materi pelajaran sangat kuat. Dengan begitu mereka lebih dekat menjadi pelajar yang cerdas.

5. Memberikan peluang siswa untuk semakin gaduh

Ruang kelas yang terlepas dari pengawasan para guru seringkali dimanfaatkan para siswa untuk bermain atau bergurau berlebihan. Akibatnya suara yang keras-keras pun muncul dan saling bergantian sehingga menimbulkan suasana gaduh.

Berkaitan dengan hal ini tentu sebagai guru anda harus berperan aktif menjaga suasana kelas supaya lebih kondusif. Masalahnya hal ini tidak akan berubah ketika anda suka tidur di dalam kelas. Apalagi kalau sifat dan perilaku sebagian siswa ada tanda-tanda kenakalan pasti keadaannya hampir seperti pasar. Bukankah ini memalukan jika didengar oleh para guru yang lain, mana tanggung jawabnya?

6. Rasa hormat siswa kepada guru akan menurun

Untuk menjadi sosok guru teladan anda harus memiliki kredibilitas dan kualitas yang tinggi. Memiliki gelar sarjana saja tidak akan cukup menjadikan para siswa hormat kepada anda. mereka membutuhkan sosok guru yang cerdas dan memiliki sifat dan perilaku yang baik.

Kabar buruknya rasa hormat para siswa kepada guru sulit terwujud kalau anda suka tidur di dalam kelas. Bukan berarti mereka membenci para guru karena bagaimanapun juga tidak ada pelajar yang sukses dan terpelajar melainkan ada jasa guru di dalamnya.

Namun keadaan guru yang suka tidur di dalam kelas menjadikan respon para siswa kepada guru menjadi negatif. Bahkan bisa lebih buruk lagi kalau anda terus mengulangi kebiasan tersebut setiap hari. Maka bukan hal yang aneh kalau sebagai pelajar mereka akan meremehkan dan mengabaikan nasehat anda, bukankah ini menyakitkan?

Kesimpulannya, meskipun sebagai pelajar mereka harus hormat, patuh mendengarkan nasehat berharga para guru. Namun kebiasaan buruk tidur di dalam kelas yang dilakukan oleh guru menjadi penghambat. Berharap mereka sadar terhadap tanggung jawabnya terhadap guru dan materi pelajaran akan hilang kalau anda sendiri tidak memiliki tanggung jawab yang baik kepada para siswa dan materi pelajaran.

Oleh karena itu hindari kebiasaan buruk tidur di dalam kelas supaya para siswa anda menjadi pelajar yang cerdas dan terpelajar. Sehingga suatu saat mereka akan membanggakan anda sebagai guru mereka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel