Tips Jitu Cara menjadi Pelajar yang Disiplin

Salah satu kunci sukses dalam pendidikan pelajar adalah kedisiplinan yang kuat. Tanpa disiplin seorang pelajar akan kesulitan mengatur waktu secara efektif. Akibatnya cara belajar menjadi kurang efektif. Selain itu kesempatan menjadi pelajar yang cerdas akan semakin lama bahkan cenderung sulit.

Mencoba belajar sehari semalam pun bukan pilihan cerdas untuk menguatkan daya ingat saat ujian berlangsung. Apalagi kalau anda berkeinginan menjadi juara umum disekolah tanpa kedisiplinan yang kuat rencana tersebut pasti gagal. Tentu anda tidak ingin menghabiskan waktu remaja sebagai pelajar dengan hal yang sia-sia. Terlebih lagi kalau anda memiliki cita-cita yang tinggi 

Kabar baiknya dengan beberapa cara berikut anda bisa menjadi pelajar yang cerdas dan sukses. Meskipun begitu kefektifan hasil yang anda peroleh bergantung pada keinginan kuat anda untuk melangkah maju. Oleh karena itu persiapkan diri anda menghadapi tantangan pendidikan.

Tips Jitu Cara menjadi Pelajar yang Disiplin




Cara menjadi pelajar yang disiplin


1. Belajar mengatur waktu

Kalau anda ingin sukses dalam pendidikan tidak ada cara efektif selain mengatur waktu yang baik dan tepat. Banyak pelajar yang ceroboh dalam mengatur waktu hingga akhirnya kualitas belajar menjadi rendah. Jangankan kecerdasan dapat meningkat untuk memahami materi pelajaran saja bisa menjadi hal yang menyulitkan.

Bergantung pada waktu belajar disekolah saja tidak akan ampuh menjadikan daya ingat dan pemahaman anda stabil. Dibutuhkan waktu khusus yang lain untuk menutup lubang otak anda mudah lupa. Oleh karena itu menyediakan waktu belajar dirumah adalah cara cerdas menjaga pemahaman materi pelajaran dan daya ingat.

Saat belajar dirumah pun anda tidak boleh sembarangan mengatur waktu. Perhatikan kondisi otak dan pikiran anda. Cari waktu-waktu di mana anda dapat berpikir tenang, misalnya saat malam hari atau saat fajar. Ini penting demi tercapainya cara belajar efektif.

Selain disiplin dalam mengatur waktu belajar perhatikan juga aktifitas anda yang lain. Cobalah hindari kebiasaan buruk seorang pelajar seperti berangkat sekolah terlambat. Kurangi juga waktu bermain anda sehingga saat belajar anda tidak dalam kondisi kelelahan. Asalkan kebiasaan disiplin ini anda jaga kesempatan sukses dalam pendidikan dapat lebih mudah.

2. Jadikan peraturan sebagai jalan hidup

Dalam kaitannya dengan pelajar yang disiplin salah satu kunci keberhasilannya adalah mentaati peraturan yang ada. Bukan karena takut akibat terburuk yang disiapkan, tetapi karena pengaruh buruk yang akan muncul pada dirinya.

Membolos sekolah atau berangkat ke sekolah terlambat memungkinkan anda dihukum oleh guru. Namun bagi pelajar yang disiplin perilaku tersebut akan merusak reputasi, pandangan para guru dan menimbulkan sifat pembangkang. Oleh karena itu mereka jadikan peraturan sebagai jalan hidup dalam sehari-hari.

Di sisi lain peraturan juga berperan membatasi perilaku yang tidak baik dan mengarah kepada penyimpangan. Dari hal itu mereka tahu perilaku yang harus dilanjutkan dan harus dihindari. makanya tidak heran kalau pelajar yang disiplin sangat membenci orang yang sering melanggar peraturan baik itu disekolah, dirumah atau lingkungan sekitar.

3. Membiasakan diri komitmen dengan janji

Pada kenyataannya sebuah janji berguna untuk memacu semangat juang seorang pelajar. Bahkan pada beberapa kasus janji yang dibuat dalam hati mampu memaksimalkan segala potensi dan kreatifitas yang mencengangkan. Makanya tidak aneh kalau orang seperti ini tidak mudah menyerah terhadap tantangan atau hambatan.

Untuk menjadi pelajar yang disiplin terkadang komitmen dengan janji yang dibuat adalah cara cerdas paling efektif. Mengapa demikian?

Coba anda bayangkan ketika mereka selesai membuat janji mereka akan berusaha meluangkan waktu bekerja keras secara maksimal. Selain itu janji juga mengajarkan kebiasaan baik yang perlu diprioritaskan dalam mencapai tujuan. Oleh karena itu pelajar yang disiplin biasanya tidak mudah untuk mengingkari janji.

4. Berusaha secara efektif dan efisien

Selain pelajar yang disiplin memperhatikan waktu, peraturan dan komitmen terhadap janji mereka juga tidak mau melakukan usaha secara sembarangan. Melakukan usaha dengan efektif dan efisien adalah rencana dasar mereka. Berangkat dari pikiran itu satu hal yang pasti bahwa hasil yang didapatkan harus memuaskan atau minimal tidak memalukan.

Kalau hal tersebut dilakukan secara bersama-sama atau berkelompok maka pembagian tugas menjadi sangat penting. Memilihkan tugas yang sesuai dengan kemampuan individu adalah tolak ukurnya. Tujuannya supaya dia bekerja secara sungguh-sungguh sehingga diperoleh hasil yang optimal dan memuaskan. Makanya tidak heran jika pelajar seperti ini seiring berjalannya waktu kedisiplinan mereka menjadi kuat.

Kesimpulannya, sebenarnya tidak ada cara instant untuk melatih kedisiplinan. Namun demikian bukan berarti hal tersebut mustahil. Anda membutuhkan kerja keras, semangat dan target yang jelas. Dengan begitu cara anda untuk menjadi pelajar yang disiplin dapat terwujud.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel