Inilah Etika Guru dalam Pembelajaran di Sekolah

Guru yang bijak adalah guru yang mengerti etika dalam pembelajaran. Memang dalam mengajar kecerdasan seorang guru sangat diperlukan. Apalagi tidak ada kesuksesan pelajar menjadi cerdas bahkan juara umum melainkan ada peran guru di dalamnya.

Meskipun demikian dalam proses pembelajaran seorang guru terkadang menemukan beberapa siswa yang bermasalah. Dalam masalah ini tentu langkah cerdas seorang guru menentukan arah pendidikan para siswa. Kalau anda salah dalam menerapkan strategi mengajar maka akan timbul permasalahan baru. Jangankan siswa menjadi cerdas dan terpelajar kesalahan hal ini dapat memicu menurunnya mental bertanggung jawab mereka disekolah.

Mengandalkan marah-marah untuk mendidik mereka juga bukan solusi yang tepat. Biarpun anda marah-marah sampai lelah mereka tidak akan menuruti perkataan anda begitu saja. Meskipun pada beberapa kasus memarahi siswa cukup efektif mengubah pola pikir mereka. Namun hal itu membutuhkan kecerdasan dalam bertutur kata.

Mungkin tujuan anda memang baik, tetapi betapa banyak siswa yang sering dimarahi malah timbul kebencian dalam diri mereka. Bahkan yang paling parah mereka menyimpan rasa dendam yang suatu saat bisa meledak. Bukankah anda akan tidak mau menghasilkan murid yang buruk?

Lebih baik anda merangkul mereka dengan perkataan yang santun dan penuh kasih sayang. Perkataan yang memotivasi juga berdampak bagus bagi mental dan cara berpikir mereka menjadi lebih dewasa. Etika inilah yang seharusnya anda perdalam lagi.

Selain itu keteladanan seorang guru juga merupakan etika yang tidak boleh anda lupakan. Betapa banyak guru yang sering memerintah pada siswa akhirnya kesal sendiri. Di samping ucapannya tidak dipatuhi dan disepelekan begitu saja.

Jangan langsung salahkan karena berbuat demikian. Boleh jadi kegagalan mendidik dan mengajar disebabkan ketidak hadiran teladan yang baik dalam diri anda.

Coba bayangkan, anda mengharapkan para siswa menjadi baik, cerdas dan terpelajar. Namun di sisi lain anda bertindak yang bertolak belakang dengan tujuan tersebut.

Menyuruh mereka belajar, tetapi anda sendiri menghadirkan pengaruh dari anda belajar sehingga ketika mengajar anda tidak menguasai materi pelajaran dengan baik. Selain itu anda menyuruh mereka membaca diperpustakaan sekolah. Namun anda sibuk dengan bercerita seru dengan para guru lainnya. Bukankah hal ini tidak menunjukkan pribadi anda sebagai guru yang beretika dalam pembelajaran?

Inilah Etika Guru dalam Pembelajaran di Sekolah


Saya menyadari bahwa tugas seorang guru adalah pekerjaan mulia yang harus diapresiasi. Namun bukan berarti menjadikan perkerjaan tersebut sebagai ladang mencari rezeki semata. Sehingga tidak berdampak pada peningkatan mutu mengajar.

Sebagai guru yang beretika sudah seharusnya anda mendengarkan dan menghargai perkataan mereka selama itu perkataan yang baik. Menghargai cara berpikir dan cara pandang mereka tentang masalah pendidikan adalah cara terbaik berkomunikasi dan berinteraksi dengan mereka. Mengayomi mereka jika mereka mengalami masalah atau kesulitan disekolah juga harus anda tonjolkan. Dengan begitu anda menjaga etika guru dalam pembelajaran disekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel