9 Tips Jitu Siswa agar Disenangi Para Guru

Adalah berita gembira kalau sebagai pelajar kita sangat disenangi oleh para guru. Bagaimana tidak dengan kesan tersebut seorang palajar yang baik dapat menjadi pelajar yang lebih percaya diri secara psikologis. Selain itu motivasi belajar disekolah atau dirumah juga semakin kuat bahkan bisa jadi hal tersebut menjadi semangat untuk mendapatkan posisi juara umum disekolah.

Sayangnya untuk menjadi pelajar yang disenangi guru tidaklah mudah. Mungkin karena kesalahan kita di masa lalu yang pernah membuat marah guru. Mungkin juga karena pribadi guru yang tidak mudah untuk senang terhadap seorang pelajar. Atau juga karena sifat kita sendiri yang cenderung tertutup.

Meskipun begitu anda tidak perlu cemas untuk mendapatkan rasa senang para guru. Beberapa tips di bawah ini cukup efektif menarik perasaan guru anda sehingga mereka lebih cinta dan kasih sayang terhadap anda. Oleh karena itu percaya diri saja jika berinteraksi terhadap semua guru.

9 Tips Jitu Siswa agar Disenangi Para Guru

Tips siswa agar disenangi para guru secara efektif


1. Berpenampilan bersih dan rapi

Penampilan yang bersih dan rapi merupakan kesan pertama yang membuat para guru menyukai anda. Bagaimana tidak pakaian yang bersih mencerminkan pribadi anda yang suka kebersihan. Adapun pakaian yang rapi mencerminkan pribadi anda yang menyukai keteraturan dan keindahan.

Begitu juga dengan kondisi rambut yang anda miliki. Memberikan minyak rambut akan menambah kesan nyaman dan sejuk dalam pandangan para guru. Lebih dari itu bersih dan rapi memberikan kesan bahwa sebagai pelajar yang baik anda telah siap menerima pelajaran dengan kondisi paling segar.

Karena itulah biasakan berbicara dengan tutur kata yang baik, sopan dan santun. Memang sedikit sulit dan butuh kesabaran luar biasa, tetapi saya yakin jika hal ini telah menjadi kebiasaan anda para guru dengan sukarela akan senang terhadap anda.

3. Bersikap dan berperilaku terpuji

Pada kenyataannya tugas guru adalah mengajar dan mendidik anda menjadi siswa yang baik dan cerdas. Berkenaan dengan hal ini tentu para guru akan senang jika telah menyaksikan para siswa memiliki sikap dan perilaku yang baik dan terpuji.

Sikap dan perilaku adalah turunan dari kebiasaan bertutur kata yang baik. Oleh karena itu orang yang terbiasa berbicara dengan bahas yang halus lebih mudah menampilkan sikap dan perilaku yang baik pula.

4. Belajar sebelum materi pelajaran diajarkan

Pada saat di dalam kelas seorang guru selalu menjadi harapan para siswa supaya mengajar dengan cara terbaik. Karena itulah seorang guru terkadang harus belajar dirumah sebelum menyampaikan materi pelajaran. Tujuannya hanya satu yaitu tercapainya kesuksesan belajar mengajar.

Ketika proses belajar mengajar terjadi alangkah terkejutnya guru saat anda telah membaca materi tersebut sebelum diajarkan. Memang bukan suatu perintah ataupun saran, tetapi membaca materi pelajaran sebelum diajarkan di dalam kelas menunjukkan bahwa anda telah siap untuk belajar dan sukses. Makanya tidak heran jika siswa seperti ini mudah menarik perhatian guru untuk lebih senang terhadap anda.

5. Mengarahkan teman lebih cerdas dan terpelajar

Bagaimanapun hebatnya seorang guru mereka tetap memiliki keterbatasan dalam mengajar dan mendidik para siswa. Oleh karena itu dibutuhkan peran orang lain yang dapat mendukung tujuan mereka dalam pendidikan. Mendapat dukungan dan bantuan dari orang tua siswa tentu bukan hal yang mengagumkan karena memang tugas orang tua mendidik dan mengajar anaknya menjadi lebih baik.

Namun berbeda pandangan ketika dukungan dan bantuan tersebut hadir dari salah satu siswanya. Para guru seperti mendapat angin segar dari sumber yang menyejukkan pandangan. Bagaimana tidak seorang siswa yang membantu kelancaran usaha para guru mencerdaskan dan mendidik para siswa lebih berkesan dihati.

6. Bersedia memperhatikan arahan atau nasehat dari para guru

Sebagai seorang pelajar terkadang arahan atau nasehat seorang guru menjadi alasan kuat mereka untuk senang terhadap anda. Ketik terjadi kesalahan atau kekeliruan mereka akan menasehati anda kalau anda menerima nasehat berharga tersebut para guru akan senang dan bahagia. Begitu juga saat guru menyuruh anda melakukan sesuatu yang bermanfaat dan anda melakukannya maka mereka akan lebih memperhatikan anda.

Berbeda halnya jika anda cuek terhadap arahan atau nasehat mereka. Apalagi kalau anda selalu alasan ketika disuruh melakukan suatu perintah mereka akan jengkel kepada anda. Terlebih lagi jika hal tersebut disaksikan oleh banyak orang tentu perasaan durhaka tidak boleh dibiarkan muncul tanpa teguran.

7. Rajin dan taat beribadah

Meskipun beribadah merupakan hal yang bersifat pribadi. Namun dalam pandangan para guru hal ini menjadi alasan kuat yang mempengaruhi perasaan dihati. Kalau guru melihat siswa yang rajin dan taat beribadah mereka akan berpikir bahwa siswa tersebut merupakan pelajar yang baik.

Bagaimana tidak seorang siswa yang rajin dan taat beribadah cenderung patuh dan takut terhadap Sang Pencipta (Alloh). Makanya tidak heran kalau para guru senang dengan siswa seperti ini karena mereka tidak ingin melakukan hal-hal yang menyebabkan Sang Penciptanya marah apalagi menurunkan azab.

8. Patuh dan taat pada peraturan sekolah   

Pada dasarnya tidak ada peraturan sekolah yang dibuat untuk menghalangi para siswa menjadi pelajar yang cerdas dan terpelajar. Meskipun begitu terkadang ada peraturan yang sulit dilakukan oleh para siswa seperti uang bulanan yang besar. Namun demikian terdapat peraturan dasar siswa yang harus diketahui dan diperhatikan orang siswa seperti kebersihan, kenyamanan, keamanan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu mematuhi peraturan sekolah menjadi modal berharga lingkungan sekolah menciptakan kesuksesan dalam pembelajaran. Makanya para siswa yang membantu terwujudnya tujuan mulia ini menjadi kesenangan para guru.

9. Berprilaku baik dirumah dan dilingkungan masyarakat

Sebagai seorang guru menjadi kabar gembira ketika mendengar berita bahwa apara siswanya memiliki kebiasaan yang baik dirumah dan dilingkungan masyarakat. Bagaimana tidak kebiasaan bertutur kata, sifat dan perilaku yang baik membuat para guru lebih tenang. Mereka merasa senang karena anak didiknya menjadi pelajar yang bisa dibanggakan dirumah dan dilingkungan sekitar.

Ketika hal itu terjadi maka kemungkinan siswa melakukan tindakan yang kurang terpuji dapat dihindari. Apalagi segala sesuatu yang berhubungan dengan nama baik sekolah tentu ketakutan pencemaran tidak akan muncul. Inilah yang memungkinkan para guru senang terhadap siswa seperti ini.

Kesimpulannya, meskipun kepribadian setiap guru adalah berbeda-beda ada yang baik dan kurang baik. Namun bukan berarti hal tersebut membuat anda memilih dan memilah para guru. Hal terbaik yang seharusnya anda lakukan adalah melakukan beberapa tips di atas supaya anda disenangi para guru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel