8 Manfaat Perpustakaan Sekolah yang Terpenting

Merupakan kabar gembira ketika anda sekolah dengan fasilitas perpustakaan yang lengkap. Bagaimana tidak perpustakaan sekolah memiliki manfaat yang sangat penting. Bahkan untuk mencapai tujuan yang besar hal tersebut menjadi sesuatu yang diprioritaskan oleh pemerintah. Makanya tidak heran jika program pengadaan perpustakaan sekolah terus ditingkatkan.

Sayangnya dalam beberapa kasus sekarang ini perpustakaan sekolah seolah-olah menjadi angin lalu saja. Banyak dibangun perpustakaan dengan biaya yang besar untuk membeli buku-buku penting, tetapi setelah selesai dibuka sebagai tempat belajar ternyata hanya sebagai penghias ruang sekolah dengan jumlah pengunjung yang sepi. Makanya tidak jarang kita menemukan banyak pelajar tidak mendapatkan pembelajaran bermanfaat bahkan saat perpustakaan menjadi sarana terbaik dalam dunia belajar.

Mungkin juga karena mereka belum mengetahui manfaat dan pentingnya perpustakaan sekolah untuk masa depan mereka. Oleh karena itu tugas kita semua untuk mengarahkan mereka menyukai perpustakaan.


Manfaat Perpustakaan Sekolah yang Terpenting


Untuk lebih jelasnya berikut manfaat perpustakaan sekolah


1. Menumbuhkan minat membaca

Keberadaan perpustakaan sekolah yang besar dengan jumlah buku yang melimpah ternyata memberi pengaruh besar kepada para siswa untuk berkunjung. Mereka seperti mendapat daya tarik yang memikat hati. Bahkan tidak jarang kita menemukan sebagian siswa rela menggunakan waktu istirahat demi berkunjung ke perpustakaan.

Berkaitan dengan hal ini tentu tugas sekolah adalah menyediakan tempat membaca yang menarik. Menciptakan suasana segar, bersih, rapi, nyaman dan aman adalah langkah awal menarik para siswa untuk gemar membaca. Jika hal ini dapat dimaksimalkan saya yakin minat membaca para siswa disekolah akan terus meningkat.

2. Memperkaya ilmu pengetahuan

Dalam kaitannya dengan ilmu pengetahuan yang terus berkembang tentu para siswa tidak boleh ketinggalan. Mengikuti kegiatan rutin sekolah saja tidak cukup untuk menambah ilmu pengetahuan secara maksimal. Anda pasti tahu bahwa ilmu yang rutin diajarkan disekolah hanya bersifat baku yang bisa berlaku dalam beberapa tahun ke depan. Sehingga untuk ilmu pengetahuan yang baru muncul terkadang belum bisa diketahui dalam waktu singkat.

Kabar baiknya keberadaan perpustakaan sekolah dapat memperkaya ilmu pengetahuan anda karena masalah tersebut. Ilmu pengetahuan selalu berkembang setiap waktu. Oleh karena itu membaca buku diperpustakaan menjadi cara cerdas anda meraih ilmu yang lebih lengkap, akurat dan bahkan berita terbaru yang menarik untuk diketahui.

3. Menambah pengalaman

Berbicara tentang pengalaman mungkin yang menjadi kunci adalah waktu belajar yang lama. Ini terjadi karena sebagian siswa masih berpikir bahwa pengalaman dapat ditingkatkan melalui cara hidup seseorang yang sudah dijalani.

Sebagian hal di atas memang benar adanya, tetapi apakah anda mau menambah pengalaman karena faktor tersebut?

Sebenarnya anda dapat menambah pengalaman melalui 2 cara, bisa melalui pengalaman hidup orang lain secara langsung atau melalui peninggalan mereka (buku, kisah, cerita, dan lain-lain).

Dalam hal ini tentu cara cepat menambah pengalaman adalah melalui buku. Oleh karena itu keberadaan perpustakaan sekolah harus anda maksimalkan dalam menambah pengalaman. Bisa melalui buku yang bercerita tentang kisah hidup, cara hidup, cara belajar, atau cerita yang lain. Dengan itu semua pasti anda bisa menciptakan sejarah yang dapat dibanggakan suatu saat.

4. Memudahkan para siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas dari guru

Tugas-tugas guru yang merupakan kewajiban para siswa terkadang terselip suatu tugas yang sulit. Mengerjakannya pun boleh jadi hal yang mustahil terjadi. Apalagi jika tugas tersebut belum dikuasai dengan baik seperti membuat makalah, laporan, surat, cerpen, atau puisi. Menggerutu atau mengeluh bisa terjadi setiap saat karena terlalu bingung.

Oleh karena perpustakaan sekolah sebagai penunjang pendidikan sangat penting manfaatnya. Ketika anda kesulitan mengerjakan tugas sekolah saya yakin bahwa koleksi buku dalam perpustakaan dalam menjadi kunci jawabannya. Bagaimanapun juga perpustakaan sekolah didirikan untuk memudahkan para siswa dalam mengerjakan tugas sekolah. Sehingga tidak mungkin buku-buku yang ada keluar dari jalur ilmu pengetahuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

5. Melatih siswa bertanggung jawab

Di dalam perpustakaan yang besar tentu anda mengetahui bahwa  terdapat aneka ragam buku yang menjadi koleksinya. Oleh karena itu tidak heran jika setiap blok diberi label atau kategori buku.

Ketika anda membaca buku dan selesai dengannya pasti anda diarahkan mengembalikan buku sesuai dengan label yang sudah disediakan. Jika anda meminjam buku untuk dibawa pulang petugas perpustakaan sering memberikan nasehat untuk merawat buku dengan baik. Tidak hanya itu mereka bisa memberikan sanksi teguran atau denda kalau anda merusakkan buku tersebut. Oleh karena itu tidak aneh jika perpustakaan sekolah juga menjadi cara supaya para siswa lebih bertanggung jawab.

6. Meningkatkan kecerdasan

Kalau anda sering membaca maka tingkat kecerdasan anda akan meningkat. Mengapa?

Pada kenyataannya kegiatan membaca merupakan kegiatan komplek antara melihat mengucapkan. Berkaitan dengan hal ini melihat akan melatih cara mengingat. Sedangkan berucap mengarahkan anda berpikir secara cepat. Oleh karena itu tidak heran orang yang suka membaca memiliki tingkat kecerdasan mengingat dan berpikir yang luar biasa.

7. Menumbuhkan cara berpikir kreatif

Sudah saya singgung di atas bahwa keberadaan perpustakaan sekolah memberikan kemudahan para siswa dalam mengerjakan tugas sekolah.

Lebih dari itu anda harus tahu bahwa buku-buku yang anda diperpustakaan sangat bermanfaat bagi anda menumbuhkan cara berpikir kreatif. Ketika anda membaca buku tentang makalah atau laporan secara tidak langsung anda akan kreatif cara membuat untuk berbagai bidang dan keperluan. Jika anda membaca buku tentang teknik berbicara kemungkinan besar anda bisa menjadi public speaking (berbicara di depan umum) yang baik.

Oleh karena itu sering-seringlah berkunjung ke perpustakaan sekolah sehingga anda bisa menimbulkan kreatifitas berpikir dalam berbagai hal. Ingat, kreatifitas mendatangkan kepuasan dan kebanggaan yang tidak dapat dibeli oleh uang.

8. Melatih mengatur waktu

Ketika anda meluangkan waktu berkunjung ke perpustakaan sekolah dan membaca secara bertahap anda menjadi siswa yang cerdas dalam mengatur waktu. Bagaimana tidak bukankah saat anda diperpustakaan sekolah anda maksimalkan untuk belajar?

Waktu istirahat sekolah itu singkat dan anda mampu memaksimalkannya untuk hal penting dan bermanfaat. Oleh karena itu saya yakin kedepannya anda akan mudah menjadi pribadi mandiri yang mengetahui skala prioritas dalam menyelesaikan masalah, terutama tugas sekolah.

Kesimpulannya, karena keberadaan perpustakaan sekolah terus digalakkan oleh pemerintah dan pihak sekolah telah mengusahakan menyediakan sarana belajar yang bersih, rapi dan nyaman. Maka sudah semestinya bagi anda untuk mengambil manfaat penting sebuah perpustakaan sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel