10 Dasar Kedisiplinan Pelajar di Sekolah atau di Kampus

Dalam dunia pendidikan dasar kedisiplinan seorang pelajar sangatlah penting terutama dalam lingkungan sekolah atau kampus. Bagaimana tidak dengan dasar tersebut tercapainya tujuan pendidikan menjadi lebih mudah. Selain itu kesempatan pelajar mendapatkan sebuah kesuksesan semakin terbuka lebar.

Sayanganya berkaitan dengan dasar kedisiplinan seorang pelajar tidak semua pelajar memahaminya. Seringkali mereka bertindak mengabaikan tata tertib kedisiplinan dalam lingkungan sekolah atau kampus. Akibatnya sebagian dari mereka mendapatkan hukuman dari para guru atau dosen mereka. Selain itu berpengaruh terhadap nilai akademik mereka yang semakin menurun.

Oleh karena itu penting bagi pelajar diberbagai tingkat pendidikan untuk memahami dan mengamalkan dasar kedisiplinan. Dari sekian banyak dasar kedisiplinan setidaknya ada 10 yang menjadi urutan teratas. Meskipun demikian saya tidak menyangkal jika anda menemukan dasar kedisiplinan lainnya yang saya belum ketahui.


10 Dasar Kedisiplinan Pelajar di Sekolah atau di Kampus


Inilah peraturan dasar yang harus diperhatikan oleh pelajar atau mahasiswa


1. Berpakaian bersih, rapi dan sopan

Dalam lingkungan sekolah atau kampus seorang pelajar atau mahasiswa hendaklah berpakaian yang bersih dan rapi. Tidak hanya itu hendaknya pakaian tersebut menjaga etika kesopanan budaya ketimuran yaitu tidak menonjolkan bentuk tubuh tertentu atau pakaian bagian lengan tidak dilipat. Intinya harus menggambarkan diri anda sebagai pelajar yang memiliki peradaban terpuji.

Selain itu mengingat pakaian seorang pelajar biasanya memiliki atribut sekolah usahakan semua terpasang dengan baik dan lengkap. Di samping itu perhatikan benar-benar jadwal pakaian setiap harinya supaya dasar kedisiplinan melekat pada anda oleh pandangan semua guru dan staf karyawan sekolah.

2. Mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik dan efektif

Seorang pelajar diharuskan menghadiri dan mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik setiap harinya. Jangan sering meminta ijin untuk tidak masuk sekolah karena hal sepele. Hal demikian hanya akan membuat anda melewatkan materi pelajaran yang penting. Jika pelajaran tersebut membutuhkan penjelasan yang rumit seperti kimia, fisika, biologi, atau matematika tentu anda akan kesulitan untuk memahaminya sendirian.

Sebenarnya boleh meminta ijin untuk tidak masuk sekolah. Namun untuk kebaikan anda menjadi pelajar yang cerdas dan terpelajar sebaiknya hal tersebut anda hindari kecuali untuk sesuatu yang benar-benar mendesak dan penting seperti kematian atau sakit. Ingat, pendidikan sangat penting mengarahkan anda menjadi orang sukses. Jadi, jangan meremehkan kehadiran anda dalam kegiatan belajar mengajar disekolah.

3. Belajar dengan baik, betul dan tekun

Dilingkungan sekolah atau kampus seorang pelajar seharusnya memanfaatkan waktu dengan efektif dan efisien dalam proses belajar. Usahakan menghindari kebiasaan buruk di dalam kelas yang menghalangi anda berpikir, seperti tidur. Selain itu jangan sering keluar kelas untuk pergi ke toilet saat jam mengajar berlangsung.

Kegiatan belajar mengajar sebaiknya anda gunakan untuk hal-hal yang menunjang anda menjadi pelajar yang cerdas. Sering bertanya kepada guru menjadi hal yang seharusnya menjadi kebiasaan anda terutama untuk masalah yang sulit dipahami dalam sekali penjelasan. Dengan begitu anda bisa juga mengambil sedikit peran seorang guru. Jika hal tersebut anda maksimalkan saya yakin peluang anda mendapatkan nilai terbaik saat ulangan atau ujian dapat berjalan lancar.

4. Tidak melakukan usaha kecurangan

Saat ulangan atau ujian tiba seorang pelajar harus berusaha mendapatkan nilai yang baik dan memuaskan para guru. Meskipun begitu hindari menggunakan cara praktis yang curang. Bekerja sama saat ulangan atau ujian berlangsung merupakan tindak kecurangan yang sebenarnya memalukan diri anda sendiri. Selain itu hindari juga praktek menyontek yang membawa dampak buruk bagi anda.

Memang dengan hal tersebut anda bisa memperoleh hasil nilai yang baik. Namun untuk perkembangan ilmu pengetahuan anda akan bertolak belakang. Ini akan terlihat jika anda dihadapkan pada kondisi sendirian saat ditanya seorang guru. Parahnya lagi jika anda disuruh untuk presentasi di depan kelas pasti anda bisa menjadi bahan tertawaan dan ejekan.

5. Menghormati guru atau dosen dan karyawan sekolah atau kampus

Guru atau dosen beserta staf karyawan adalah penghuni sekolah atau kampus yang seharusnya menjadi orang tua para pelajar. Oleh karena itu menghormati mereka merupakan tindakan terpuji yang patut dibanggakan.

Seorang pelajar dilarang membicarakan mereka dengan tujuan menghina atau melecehkan. Kecewa kepada salah satu guru memang boleh apalagi untuk hal-hal yang mengarah kepada kat-kata kotor yang tidak mendidik, tetapi cara mengatasinya tetap harus sesuai dengan peraturan. Cobalah untuk membicarakannya dengan kepala sekolah. Ini penting agar tidak terjadi perselisihan guru dengan pelajar yang mengarah pada dendam.

6. Memelihara suasana tertib dan aman dilingkungan sekolah / kampus

Demi tercapainya suasana sekolah atau kampus yang tertib dan aman seorang pelajar harus mematuhi segala peraturan. Dengan cara tersebut akan mudah mewujudkan kondisi tenang dan nyaman saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Para pelajar dilarang bertutur kata yang mengarah pada provokatif, terror atau ancaman sehingga menimbulkan rasa takut dan benci dilingkungan sekolah. Selain itu perilaku yang mengarah pada tindakan menyimpang seperti kegaduhan, kerusuhan atau tawuran juga dilarang. Jika itu terjadi jangan salahkan pihak sekolah kalau mengambil tindakan tegas kepada anda. Mungkin skors bisa menjadi hukuman awal, tetapi kalau sudah mencapai batas kewajaran anda kemungkinan bisa dikeluarkan dari sekolah.

7. Menjaga nama baik sekolah

Sekolah atau kampus merupakan tempat utama menuntut ilmu bagi pelajar. Oleh karena itu pihak sekolah sering memberi nasehat untuk menjaga nama baik sekolah. Tujuannya supaya timbul kesan bahwa sekolah tersebut mencerdaskan dan membuat pelajar terdidik dengan baik.

Tidak dibenarkan seorang pelajar bertutur kata dan berperilaku di luar sekolah yang mengarah pada kenakalan remaja apalagi anda sedang memakai atribut sekolah. Hindari perkumpulan yang senang tawuran dan perkelahian. Selain itu jangan bertindak kriminalitas yang menyebabkan pencemaran nama baik sekolah.

8. Menjaga dan merawat peralatan dan perlengkapan milik sekolah

Seorang pelajar diwajibkan menjaga dan merawat seluruh aset milik sekolah. Tidak dibenarkan seorang pelajar merusak gedung, meja, kursi, papan tulis, pagar sekolah dan tanaman. Selain itu peralatan sekolah seperti laptop, komputer, LCD, pengeras suara, serta perlengkapan olah raga juga harus diperhatikan dengan baik supaya lebih awet.

Tidak boleh juga pelajar yang memiliki dendam dengan salah seorang guru melampiskannya kepada aset mailik sekolah. Dendam hendaknya diselesaikan dengan cara damai dan kekeluargaan dengan pihak sekolah dan tidak membawa tindakan pengrusakan sekolah sebagai pelampiasan.

9. Membayar biaya administrasi sekolah sesuai peraturan

Semua pelajar diwajibkan melakukan pembayaran biaya administrasi sesuai peraturan yang berlaku. Pembayaran administrasi biasanya meliputi pendaftaran ulang, uang pangkal atau uang gedung, biaya semester dan lain-lain.

Tidak suka menunda pembayaran yang mengakibatkan biaya menumpuk. Hal tersebut berdampak buruk pada anda sendiri dan orang orang tua atau wali. Selain menganggu proses belajar juga menjadi beban pikiran bagi orang tua atau wali terutama bagi mereka yang ekonominya pas-pasan.

10. Tidak terjerumus pada rokok dan narkoba

Seorang pelajar seharusnya fokus dalam kegiatan belajar baik disekolah atau dirumah. Tidak boleh seorang pelajar dekat-dekat dengan rokok dan narkoba. Selain dapat merusak kesehatan tubuh anda 2 hal tersebut menjadi halangan serius anda menjadi pelajar yang cerdas.

Tidak hanya itu rokok dan narkoba seringkali menjadi benteng tebal untuk menjadi pelajar yang baik. Ingat, kunci sukses pelajar yang cerdas dan terpelajar adalah menjadi pelajar yang baik. Bahkan bahaya yang lebih parah anda tidak dapat meraih cita-cita masa depan yang cerah dan sukses.

Kesimpulannya, Itulah dasar kedisiplinan pelajar yang harus anda perhatikan. Memang cukup banyak dan beragam, tetapi percayalah bahwa dengan hal tersebut tujuan anda menjadi pelajar yang sukses terpelajar semakin dekat dan terbuka. Bagaimana?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel