Tips Cerdas Rajin dan mudah Mengerjakan PR

Mengerjakan PR adalah tugas para siswa dirumah. Melalui PR ini guru berharap agar para siswa terus meningkatkan belajarnya supaya lebih banyak dan berkualitas. Tidak hanya itu hal ini juga bertujuan supaya apa yang sudah dipelajari disekolah tidak cepat dilupakan para siswa. Sehingga ketika para guru mengadakan ulangan atau ujian para siswa telah paham dan menguasai materi pelajaran.

Sayangnya tidak semua siswa mengerti mkasud dan tujuan para guru memberikan tugas dirumah (PR). Bahkan sebagian siswa merasa keberatan dengan tugas tersebut. Apalagi kalau tugas tersebut sangat sulit dan harus melibatkan pengetahuan dan pengalaman orang lain untuk menemukan jawabannya.

Padahal dengan hal tersebut guru ingin mengarahkan anda menjadi pelajar yang baik dan bertanggung jawab. Selain itu guru juga berkeyakinan bahwa melalui cara memberikan PR langkah para siswa untuk menjadi juara di kelas atau level juara umum disekolahan bisa tercapai. Bukankah tugas guru mencetakl generasi pelajar yang cerdas dan terpelajar?

Tips Cerdas supaya Rajin dan mudah Mengerjakan PR

Tips supaya rajin dan mudah mengerjakan PR


1. Miliki target belajar

Kenali tujuan anda ketika memasuki dunia pendidikan terutama sekolah. Targetkan apa yang menjadi impian anda dimasa depan, seperti ingin menjadi pelajar yang mengharumkan nama bangsa dan negara, ingin menjadi pelajar yang membanggakan orang tua, atau ingin menjadi pelajar yang sukses dan berprestasi.

Setelah anda menetapkan target belajar maka anda akan mengeluarkan segala kemampuan dan keterampilan untuk mengerjakan semuanya tidak terkecuali tugas yang diberikan oleh para guru. Semangat dan fokus adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari pelajar yang memiliki target belajar. Oleh karena itu mereka dengan segera siap sedia menanti halangan dan rintangan demi mencapai tujuan belajar.

Kalau anda sudah memiliki mental seperti ini maka saya ucapkan selamat, mengapa? Terang saja dengan cara pandang tersebut anda tidak mudah mengeluh terhadap PR atau tugas yang diberikan guru. Bahkan karena hal ini anda mungkin saja bersyukur karena dapat meningkatkan kemampuan belajar lebih cepat dan efektif.

2. Buat jadwal mengerjakan PR

Pelajar yang cerdas dan terpelajar adalah pelajar yang memiliki perencaan untuk sukses. Tidak bergantung pada kemampuan orang lain untuk berkembang, tetapi memiliki cara kreatifitas sendiri untuk berjuang dan berkembang. Dalam keadaan ini pelajar akan tahu mana tugas yang harus dikerjakan sesuai rencana. Kalau memiliki PR lebih dari 1 materi pelajaran maka dia akan bijak memikirkannya.

Pada kentaannya PR tidak selalu harus selesai besuk pagi, tetapi bisa juga guru memberikan batas waktu seminggu atau beberapa hari. Dalam keadaan seperti ini maka PR yang harus diselesaikan adalah PR dengan tenggat waktu lebih sempit.

Adapun PR dengan tenggat waktu lebih lama maka bisa ditunda terlebih dahulu. Namun dengan catatan bahwa gambaran jawaban sudah harus dipikirkan dan jika membutuhkan referensi maka sudah ditemukan. Sehingga beberapa hari menjelang tugas dikumpulkan jawaban hanya tinggal menyusunnya.

3. Kerjakan PR yang paling mudah

Untuk menjaga otak dari rasa stres belajar berlebihan sebaiknya anda mulai mengerjakan PR dari yang paling mudah. Anda bisa mengerjakan PR tersebut pada waktu siang setelah pulang sekolah. Adapun PR dengan tingkat kesulitan yang tinggi anda bisa mengerjakannya pada malam hari, mengapa?

Pada dasarnya tugas yang sulit membutuhkan konsentrasi , ketenangan dan kenyamanan dalam berpikir. Kalau anda memaksakan mengerjakan soal ketika pikiran masih bergejolak maka sampai kapanpun tugas yang sulit tidak akan pernah selesai. Namun kalau anda memberikan waktu mengerjakan ketika otak sedang tenang maka saya yakin kalau anda sudah memiliki target belajar semua dapat berjalan lancar.

4. Kerjakan Bersama teman

Kalau setelaha anda berpikir keras terhadap PR yang sudah diberikan dan anda belum berhasil mengerjakannya, maka jangan berdiam diri kemudian stres. Dalam keadaan seperti ini anda harus punya rencana cadangan salah satunya mengerjakan PR bersama teman. Diskusikan apa yang membuat tugas tersebut terasa sulit dikerjakan. Dengan begitu interaksi anda dan teman anda bisa berujung kreatifitas berpikir.

Ini adalah pilihan bijak karena selain memudahkan anda mengerjakan PR juga berdampak pada mudahnya memahami materi pelajaran. Ingat, banyak pelajar yang sukses memahami pelajaran karena penjelasan dari teman. Jadi, tunggu apa lagi?

5. Minta bantuan orang lain

Meskipun anda telah berdiskusi dengan teman-teman yang lebih cerdas, tidak jarang PR yang diberikan oleh guru masih terasa sulit. Jangankan untuk menemukan jawabannya bahkan untuk memahami makna soal saja bisa membingungkan.

Kalau anda mengalami masalah ini sebaiknya anda meminta bantuan orang lain seperti orang tua, atau kakak. Tingkat pendidikan kakak yang cenderung lebih tinggi seharusnya memudahkan anda dalam mengerjakan tugas. Bagaimanapun juga PR tidak harus dikerjakan dengan kemampuan sendiri, tetapi bisa melalai pemahaman orang lain. Jadi, usahakan untuk bertanya kepada kakak, orang tua atau tetangga ketika anda benar-benar kesulitan mengerjakan tugas dari guru. Ingat, guru sering memberikan tugas untuk membuat anda lebih kreatif dan inovatif dalam mencari informasi. Oleh karena itu selalu berpikir positif adalah ciri pelajar yang baik.

Kesimpulannya, meskipun PR adalah sesuatu yang membebani tugas anda dirumah. Kenyataannya hal tersebut baik bagi pribadi anda sebagai pelajar. Oleh karena itu jangan mengeluh dan marah saat guru memberikan PR. Yang terbaik adalah anda mengerjakan tugas tersebut dengan bijak sehingga anda bisa meraih nilai akademik tertinggi saat ulangan atau ujian. Dengan begitu anda bisa menjadi pelajar yang berprestasi. Apakah anda mau?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel