Inilah Cara Pintar Mencari Guru Privat

Bagi pelajar yang ingin meningkatkan kualitas nilai dalam hasil ulangan atau ujian mencari guru privat menjadi solusi pintar. Bahkan untuk memudahkan pelajar dalam persiapan menuju jenjang perguruan tinggi guru privat sering menjadi pilihan utama.

Meskipun begitu ternyata tidak mudah mencari guru privat yang berkualitas. Persoalan muncul ketika memperhatikan lulusan bimbingan belajar tersebut. Beberapa diantaranya sebagian ada yang sukses, tetapi sebagian besar mengalami kegagalan. Di sisi lain masalah biaya yang besar sering menjadi pertimbangan serius orang tua sebelum memilihkan guru privat.

Memang sebagian besar guru privat yang terkenal sering memasang tarif tinggi untuk bimbingan belajarnya. Namun bukan berarti guru privat yang memasang biaya murah menjadi memiliki kualitas mengajar yang mengecewakan. Bahkan pada beberapa kasus guru privat yang berbiaya murah lebih baik kualitasnya dari guru privat yang memasang harga mahal.


Inilah Cara Pintar Mencari Guru Privat


Lalu bagaimana mencari guru privat yang terbaik?


Untuk mencari guru guru privat yang baik dan tepat tentu dibutuhkan beberapa pertimbangan penting. Oleh karena itu jangan abaikan beberapa poin berikut ini:

1. Berstatus mahasiswa aktif

Mengapa memilih guru privat yang masih aktif sebagai mahasiswa?
Pada kenyataannya ada perbedaan mendasar antara guru privat yang masih berstatus mahasiswa atau tidak. Sebagian guru privat yang sudah selesai kuliah biasanya cenderung berpikir ekonomis. Artinya, ketika dia mengajar hal pertama yang harus dilakukan adalah mengajarkan sesuai materi yang sudah ada. Akibatnya para pelajar yang ikut dalam kelasnya hanya menerima materi baku dalam buku panduan.

Berbeda halnya jika guru privat pelajar seorang mahasiswa aktif. Dia akan mudah memberikan semangat untuk belajar yang rajin. Selain itu karena kondisi pendidikan yang dia alami cenderung sama maka kemungkinan untuk berbagi ide kreatif dalam berpikir akan semakin luas.

2. Perhatikan kompetensi bidang mengajarnya

Merupakan hal yang ceroboh ketika orang tua mencari guru privat secara terburu-buru. Hanya mengetahui bahwa dia lulusan perguruan tinggi langsung menyerahkan anaknya ikut dalam bimbingan belajarnya.

Memang benar bahwa lebih cepat ikut bimbingan belajar lebih baik. Namun jangan karena hal tersebut anda kurang memperhatikan kompetensi guru privat tersebut. Mencari tahu kompetensi bidang mengajar sangatlah penting. Berapa banyak orang tua menyesal karena perkembangan belajar anaknya sangat rendah meskipun kuantitas bimbingan belajarnya sudah berlangsung lama.

Oleh karena itu perhatikan bidang yang dikuasai guru privat tersebut dalam mengajar. Jika mengharapkan pintar dalam matematika maka segera cari guru privat yang berasal dari jurusan matematika. Begitu pula jika membutuhkan guru biologi maka mencari guru privat yang kompeten dalam bidang atau jurusan biologi.

3. Perhatikan cara mengajar yang diterapkan

Sekedar mengetahui kompetensinya saja terkadang tidak cukup efektif untuk memastikan bahwa bimbingan belajar tersebut akan berhasil. Pada sebagian kasus sering kali pelajar mendapatkan suasana belajar mengajar kurang efektif karena banyak mendengarkan. Selain itu kreatifitas guru privat dalam berinteraksi terkadang susah ditemukan. Sehingga menimbulkan kesan belajar mengajar yang membosankan.

Berkaitan dengan hal ini sebaiknya anda mencari guru privat yang mengetahu psikologi pendidikan. Dengan begitu kemungkinan terjadi kegagalan dalam mengajar dapat diminimalkan dan belajar menjadi lebih efektif.
Bagaimana sudah siap mencari guru privat yang terbaik?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel