Tips Praktis Cara Memahami Materi Pelajaran Lebih Mudah

Menguasai materi pelajaran tentu menjadi hal menggembirakan bagi seorang pelajar yang baik. Bagimana tidak dengan hal tersebut banyak keuntungan yang diperoleh. Salah satu yang bisa dicapai adalah mudah memperoleh prestasi disekolah.

Sayangnya untuk tujuan tersebut tidak bisa dilakukan dengan mudah. Butuh perjuangan besar untuk merealisasikannya. Terlebih lagi hambatan belajar yang muncul terkadang menjadikan semnagat dan motivasi belajar menurun secara signifikan. Makanya tidak heran jika hal tersebut menjadikan mereka pelajar dengan kualitas rendah.

Meskipun demikian sebenarnya anda tidak perlu takut menghadapi hal tersebut. Setidaknya ada beberapa tips yang bisa anda coba untuk melihat perbedaannya.


Tips Praktis Cara Memahami Materi Pelajaran Lebih Mudah

Tips praktis cara memahami materi pelajaran


1. Perhatikan penjelasan guru dan diam

Ketika guru anda memberikan penjelasan terhadap materi pelajaran tertentu sebenarnya guru sedang mengarahkan anda menjadi pelajar yang cerdas dan sukses. Oleh karena itu perhatikan dengan baik-baik apa yang beliau sampaikan. Jangan sampai anda mengabaikan penjelasan tersebut bahkan untuk sesaat.

Selain itu cobalah untuk diam dalan lawan keinginan anda untuk berbicara saat pelajaran berlangsung. Tujuannya konsentrasi anda tidak terpecah oleh beberapa suara lain sehingga mengacaukan telinga untuk mendengarkan penjalasan secara jelas. Anda bisa bayangkan bagaimana hasil belajar yang bisa didapat dari beberapa suara samar yang berkumpul dalam waktu yang sama. Oleh karena itu perhatikan dengan sungguh-sungguh dan diam untuk menjaga daya ingat hanya fokus memahami materi pelajaran.

 2. Mencatat ide pokok materi pelajaran

Dalam beberapa kasus seorang guru sering memberikan materi pelajaran dengan bahasa yang diulang-ulang. Makanya tidak heran jika diperlukan waktu yang lama. Mungkin juga hal ini disesuaikan dengan kondisi dan situasi para muridnya. Harapannya para muridnya menjadi paham materi yang sedang disampaikan.

Meskipun demikian jangan puas karena telah paham penjelasan dari guru anda. Sudah menjadi kebiasaan bahwa semakin lama materi tersebut bertumpuk-tumpuk maka materi yang lebih awal disampaikan akan mudah hilang. Jika anda punya daya ingat super kuat (seperti hafal sekali baca atau dengar) mungkin tidak masalah, tetapi untuk rata-rata pelajar hal itu menjadi masalah.

Oleh karena itu ambil pena atau pulpen dan catat setiap ide pokok dari penjelasan guru anda. Sehingga ketika mendekati ulangan atau ujian persiapan anda lebih kuat. Ada tidak mau kan saat ujian terjadi stres.

3. Mengulang materi pelajaran

Salah satu hal yang penting untuk menjaga ingatan materi pelajaran tetap kokoh adalah melakukan pengulangan dirumah. Memang butuh waktu belajar yang cukup, tetapi mempertimbangkan dampak positif yang timbul kerja keras harus anda lakukan.

Coba bayangkan ketika anda sudah paham materi pelaaran yang diterangkan guru disekolah. Namun di sisi lain anda puas dengan hal tersebut pasti dalam waktu seminggu ingatan anda hanya bersisa beberapa persen.

Bahkan oleh sebagian pelajar yang cerdas belajar dirumah terkadang lebih fokus dari belajar disekolah. Ini terlihat jelas karena kemauan mereka untuk meraih cita-cita sangat besar dan tertarget.

4. Membaca buku-buku penunjang materi pelajaran

Seorang pelajar yang cerdas adalah seorang pelajar yang tidak pelit untuk membeli buku-buku yang menunjang materi pelajaran. Bahkan memiliki buku merupakan suatu kebahagiaan yang bisa dibanggakan. Oleh karena itu mereka rela mengeluarkan biaya besar untuk tujuan tersebut meskipun harus memakai uang saku.

Jika anda ingin cepat menguasai materi pelajaran buku-buku seperti itu harus and baca. Tidak perlu khawatir jika anda tidak mampu membeli buku penunjang. Anda bisa membaca buku tersebut diperpustakaan atau kalau memungkinkan baca buku tersebut dirumah sampai selesai. Dengan begitu daya ingat anda akan kokoh tentang materi pelajaran tersebut. Bagaimanapun juga anda perlu ingat bahwa daya ingat bisa menurun atau melemah.

5. Merangkum materi pelajaran

Salah satu tantangan terberat bagi pelajar cerdas adalah ulangan atau ujian semester berlangsung. Dalam hal ini tentu materi pelajaran yang panjang tidak dapat dikuasai dalam waktu singkat. Bahkan untuk membaca semua materi pelajaran saja waktunya tidak akan cukup.

Berkaitan dengan hal di atas sudah waktunya anda mengambil langkah cerdas. Salah satu yang paling efektif adalah merangkum materi pelajaran. Melalui cara ini anda memperkirakan mana yang merupakan inti pokok dan mana yang merupakan materi pelengkap. Dari teknik ini semoga berkembang pola pikir bahwa materi inti mencakup materi penjelas yang menjadi pelengkap. Dalam metode ini bisa juga anda menggunakan bahasa atau gaya bahasa yang hanya anda ketahui mungkin berupa rumus atau sejenisnya.

6. Menggali pertanyaan dan menyiapkan jawaban

Satu lagi tips pelajar yang layak anda coba untuk memahami dan menguasai materi pelajaran yaitu melalui cara tanya jawab. Metode ini lebih efektif jika anda telah menguasai cara merangkum materi di atas. Ini terjadi karena cara Tanya jawab mengandung unsur interaktif yang menyenangkan otak.

Sebagai tips praktis menggali pertanyaan yang penting dari materi pelajaran adalah mudah. Anda tinggal menandai poin-poin penting dalam buku kemudian menjadikannya pertanyaan sederhana. Meskipun demikian pertanyaan dan jawaban dihadirkan dalam bentuk efektif dan efisien di mana bertujuan menghindarkan kesalahan dalam pemahaman. Ini penting mengingat pemahaman yang bercabang membuat konsentrasi daya ingat sedikit samar. Jika tidak hati-hati pemahaman materi bisa menyimpang dari yang anda harapkan bahkan bisa hilang pemahaman.

Kesimpulannya, meskipun cara memahami pelajaran sangat ditentukan oleh daya ingat dan kecerdasan otak. Namun dengan cara yang tepat dan efektif anda bisa menguasai materi pelajaran bahkan saat kecerdasan anda tidak istimewa. Oleh karena itu yakinkan diri bahwa anda bisa melakukan hal-hal besar karena perjuangan yang besar. Siap!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel