4 Efektif Cara Mengatasi Guru yang Galak dan Sering Marah

Sebagai pelajar yang baik dan terdidik tentu anda tidak menginginkan adanya guru yang galak dan suka marah-marah. Memang pada kondisi tertentu marah boleh-boleh saja dilakukan oleh seorang guru. Namun bukan guru yang baik jika setiap mengajar sering marah-marah. Bahkan yang lebih buruk jika ada anggapan para murid bahwa guru tersebut galak. Tentu proses belajar mengajar akan sedikit terganggu.

Meskipun demikian sebenarnya seorang murid harus paham alasan atau sebab seorang guru bisa menjadi galak dan pemarah. Bisa jadi guru anda berbuat seperti itu karena faktor ketidakharmonisan keluarga. Atau bisa juga karena faktor palajar itu sendiri yang sering berulah sehingga guru mudah marah dan dianggap galak.

Berkaitan dengan hal tersebut tentu ada kabar gembira bagi anda karena ada cara yang baik untuk mengatasi guru yang galak dan sering marah. Meskipun begitu ada baiknya anda meningkatkan kesabaran supaya cara tersebut efektif untuk jangka panjang.


4 Efektif Cara Mengatasi Guru yang Galak dan Sering Marah

Cara mengatasi guru yang galak dan sering marah


1. Murah senyum

Merupakan perilaku yang tidak baik bagi seorang pelajar adalah jarang tersenyum kepada guru. Padahal senyum anda yang tulus dapat berdampak positif pada pandangan guru mengenai kepribadian yang anda miliki. Guru akan menganggap anda murid yang baik sehingga guru anda akan mudah untuk memberikan penjelasan yang ramah dan berkualitas dalam bidang pendidikan.

Saya menyadari bahwa hal ini cukup sulit bagi sebagian pelajar. Namun saya percaya jika anda menerapkannya dengan baik pasti anda akan ditunjukkan jalan bagaimana tips menjadi pelajar yang sukses dalam memandang masa depan.


2. Selalu mengerjakan tugas dan PR (pekerjaan rumah)

Bagi seorang guru yang galak hal yang paling mengecewakan adalah murid mudah mengabaikan tugas yang sudah diberikan. Apalagi mereka mengerjakan tugas tersebut dengan cara menyontek bersama atau mengerjakan tugas disaat jam belajar hampir dimulai. Ini jelas membuat guru anda mudah marah dan terkesan galak karena perilaku biasanya terus berulang.

Terlepas dari hal di atas cobalah untuk mengerjakan semua tugas yang diberikan guru dengan serius dan hindari menyontek. Tidak peduli tugas tersebut mudah atau sulit yang terpenting guru melihat atau berpandangan anda mengerjakannya sendiri. Maka hal tersebut jelas akan membuat guru anda senang dan bangga.

3. Tunjukkan potensi terpendam anda

Seorang guru yang galak dan sering marah terkadang bermula dari payahnya kemampuan anak didiknya. Ini terjadi karena guru melihat buruknya cara pandang muridnya dalam hal pendidikan. Selain itu bisa juga terjadi karena sang murid tidak punya kedisiplinan diri atau prestasi lain yang bisa dipertimbangkan.

Berkaitan dengan hal ini untuk mengatasi guru yang galak dan mudah marah karena faktor di atas cobalah untuk menunjukkan potensi terpendam (bakat) anda. Memang menjadi juara umum disekolah adalah jalan termudah mengatasi guru yang galak dan sering marah tetapi ingat, karena hanya bisa diperoleh oleh beberapa orang. Jadi, membuatuhkan kerja keras yang ekstra.

Meskipun demikian ada cara lain yang juga efektif mengatasi guru yang galak dan mudah marah yaitu tunjukkan prestasi anda dalam bidang lain. Mungkin bidang olah raga atau disiplin diri yang tinggi. Dengan begitu guru anda akan berhenti kepada anda untuk menghadirkan anggapan guru yang galak dan sering marah.

4. Jangan menjadi pelajar bermasalah atau nakal

Untuk yang satu ini memang bukan hal yang harus menjadi perhatian serius bagi anda. Seorang guru cenderung benci dengan siswa bermasalah disekolah. Bagaimana tidak mereka bisa menjadi duri dalam daging. Coba bayangkan diantara mereka ada yang sering membuat gaduh di dalam kelas, ada yang bolos sekolah, ada yang suka tawuran. Tentu ini menjadi nilai merah dipandangan para guru.

Jika anda berharap mengatasi guru yang galak dan mudah marah dengan berperilaku bermasalah maka lupakan. Sampai kapanpun anda tidak akan mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari guru anda kalau anda menghadirkan perilaku pelajar yang nakal.

Jalan terbaiknya adalah anda menjadi pelajar yang baik. Jangan suka masuk kelas terlambat, bolos, sering ijin ke toilet, membuat gaduh di dalam kelas atau yang lain. Dengan begitu anda tidak menjadi perhatian guru dalam perilaku negatif pelajar.

Kesimpulannya, terlepas dari guru yang anda hadapi adalah guru yang galak dan mudah marah cobalah untuk menjadi pelajar yang baik. Jangan suka mendapatkan perhatian guru tersebut melalui perilaku yang tidak mereka senangi. Ingat, pelajar yang sudah mendapatkan cap merah dari guru tersebut biasanya suka diperlakukan dengan tidak ramah.

Oleh karena itu yang harus anda lakukan adalah menghadirkan sisi positif dalam diri anda yang bisa meluluhkan hati dan perasaan guru yang galak dan mudah marah tersebut. Dengan begitu rencana anda untuk menjadi pelajar yang cerdas dan berprestasi menjadi lebih mudah dan dekat.
Bagaimana? Punya saran lain?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel