Terbaik 4 Manfaat Bertanya kepada Guru dalam Belajar

Sebagai seorang guru tentu hal yang paling ditunggu-tunggu saat selesai menerangkan materi pelajaran adalah pertanyaan dari para muridnya. Dengan begitu guru akan yakin bahwa apa yang telah diterangkan benar-benar dipahami oleh para siswanya. Selain itu kekhawatiran tentang materi pelajaran yang terlupakan dapat segera diingat. Bagaimanapun juga pertanyaan siswa dapat membuat guru senang dan merasa dibutuhkan.

Masalahnya banyak pelajar yang jarang bertanya kepada guru. Akibatnya banyak pelajaran yang berlalu begitu saja tanpa ada kesan dan materi yang diingat. Di samping itu banyak juga pelajar yang tidak mau bertanya karena malu.

Padahal bertanya banyak manfaatnya. Bahkan oleh para guru pertanyaan tentang pelajaran akan menambah motivasi dalam mengajar. Sehingga keinginan mencerdaskan bangsa benar-benar tertanam dalam jiwa para guru.

Terbaik 4 Manfaat Bertanya kepada Guru dalam Belajar


Manfaat bertanya kepada guru

1. Mencari tahu materi yang belum paham

Sebagai pelajar terkadang ada saja materi pelajaran yang belum dimengerti. Dalam hal ini tidak ada jalan lain kecuali bertanya kepada guru. Walaupun anda sendiri yang belum paham tidak ada salahnya anda bertanya. Mengapa?

Bayangkan jika anda menghadapi kondisi ulangan atau ujian ketika anda tidak paham terhadap soal. Kemungkinan besar anda terjebak dalam kesalahan menyontek. Padahal menyontek bagi pelajar merupakan aib yang merugikan anda sekarang dan masa depan.

Karenanya usahakan ketika guru menerangkan dan anda belum paham untuk bertanya. Dengan begitu ketika anda menghadapi ulangan atau ujian anda tinggal mengulang poin-poin pentingnya saja.

2. Menjadikan diri lebih paham pengembangan materi

Tidak dapat dipungkiri bahwa metode tanya jawab merupakan cara belajar yang efektif dan efisien. Makanya tidak heran jika banyak pelajar yang menerapkan cara ini lebih mudah menyerap pelajaran.

Di samping itu mereka dapat memandang pelajaran dari sudut pandang yang lebih luas. Mengapa? Jelas saja dengan bertanya kepada guru secara pasti guru akan mengarahkan jawaban kepada pengembangan materi. Apakah itu yang bersifat penjelasan materi yang belum jelas atau penjelasan materi tambahan yang berkaitan dengan materi pelajaran.

Oleh karena itu manfaat bertanya kepada guru adalah kebaikan yang harus dilestarikan dan terus dibudayakan. Harapannya kendala sewaktu ulangan atau ujian tidak menjadikan guru sebagai kambing hitam jika memperoleh nilai yang buruk.

3. Media mengajarkan materi kepada orang lain

Sebagai pelajar bukan berarti ketika ingin bertanya harus mengacu kepada ketidakpahaman yang sedang anda hadapi. Namun ada kalanya cara ini dapat digunakan untuk memberi pengajaran kepada teman anda.

Seringkali sebagian pelajar mempunyai sifat malu terhadap sang guru. Akibatnya ketika ada pelajaran yang belum paham dia tidak berpikir untuk bertanya kepada guru. Meskipun pada hakikatnya bisa bertanya kepada teman sah-sah saja, tetapi bukankah lebih baik bertanya kepada ahlinya yaitu guru.

Dalam keadaan seperti ini terbuka lebar bagi anda untuk memberi penjelasan tidak langsung kepada teman. Bertanya kepada guru ketika anda sudah paham merupakan cara terbaik untuk mengajarkan teman anda yang belum paham. Walaupun ini terlihat sepele, tetapi pada kenyataannya teman anda yang pemalu akan berterimakasih kepada anda walaupun hanya dalam hati.

4. Menambah kepercayaan diri pelajar

Berpikir tentang pelajar yang baik rasanya tidak terlepas dari kuatnya rasa percaya diri yang dimiliki. Bagaimana tidak pelajar yang cerdas mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi. Oleh karena itu mereka sering bertanya tentang sesuatau yang belum mereka pahami. Tentu saja sifat percaya diri ini sangat disukai oleh para guru.

Berkaitan dengan hal ini bertanya kepada guru mengajarkan murid rasa tidak malu terhadap kebaikan. Bertanya ketika banyak orang yang menyaksikan akan membuat mental orang sukses tertanam dalam jiwanya. Mengapa?

Ketika anda mempunyai rasa percaya diri yang kuat maka anda tidak akan peduli dengan perkataan orang. Mungkin bagi sebagian pelajar sering bertanya kepada guru merupakan aib. Padahal pada kenyataannya sering bertanya tentang pelajaran yang belum paham memberikan ruang pada diri anda mengembangkan rasa percaya diri.

Oleh karena itu sering-seringlah bertanya agar memotivasi teman anda juga untuk ikut bertanya kepada guru. Sehingga anda menjadi pelopor kebaikan dalam ruang kelas anda.

Kesimpulan
Meskipun bagi sebagian pelajar tidak mau bertanya kepada guru, tetapi boleh jadi sifat tersebut akan menghancurkan diri anda suatu saat nanti. Pada kenyataannya banyak orang sukses karena mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi. Oleh karena itu jangan malu untuk membudayakan bertanya kepada para guru karena itu salah satu cara cerdas terpelajar bagi anda. Siap?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel