Inilah Manfaat Blog bagi Pelajar yang Berharga

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa blog memiliki manfaat yang besar bagi pelajar. Bagaimana tidak dengannya seorang pelajar dapat melakukan banyak hal unik dan menarik yang tidak diajarkan disekolah. Seperti yang anda ketahui bahwa kegiatan positif akan memaksimalkan pendidikan pelajar untuk lebih baik lagi.

Meskipun demikian ternyata banyak juga pelajar yang belum mengenal pengertian dan manfaat blog. Sehingga tidak jarang kita melihat mereka menggunakan internet untuk browsing-browsing gambar atau video serta bermain game online. Akibatnya minat belajar dirumah dan disekolah mereka menurun sehingga prestasi tidak menjadi prioritas lagi.

Kabar baiknya aktifitas blogging tidak bersifat demikian. Blog bahkan sangat bermanfaat menunjang kemampuan berpikir cerdas dan menjadikan pelajar lebih kreatif lagi. Oleh karena itu jangan takut berkenalan dengan blog dan memilikinya.

Inilah Manfaat Blog bagi Pelajar yang Berharga

Manfaat blog bagi pelajar


1 . Rajin membaca

Sudah sewajarnya jika membuat blog butuh usaha dan pengetahuan. Bagaimana tidak membuat blog harus dituntut paham tentang seluk beluk blog. Dari mempelajari kode HTML untuk merevisi tampilan blog agar lebih menarik. Selain itu harus belajar membuat artikel yang bermanfaat.

Jika anda ingin menulis artikel diblog tentang pendidikan maka anda harus sering-sering membaca blog yang membahas topik pendidikan. Ini merupakan cara terbaik bagi pelajar. Selain belajar tentang dunia pendidikan agar prestasi sekolah meningkat, juga dapat mengajak dan memotivasi orang lain untuk serius dalam pendidikan.

Dari sinilah seorang pelajar membutuhkan sumber bacaan yang banyak sebagai referensi. Dengan begitu hasil yang diperoleh akan semakin baik dan benar. Makanya tidak heran jika seorang bloggger (sebutan orang yang terjun didunia blog) harus sering mengunjungi banyak blog baik situs indo atau situs luar. Melalui banyak sumber inilah yang membuat anda semakin cerdas terpelajar.

2 . Latihan menulis

Telah saya singgung di atas bahwa seorang blogger harus rajin membaca dibanyak situs. Walaupun terlihat memberatkan dan melelahkan, tetapi pada kenyataannya cara ini membuat inspirasi menulis semakin jelas.

Dari sekian banyak hal yang ada blog merupakan cara yang mudah untuk latihan menulis. Mengapa? Jelas saja menulis diblog tidak membutuhkan proses yang rumit dan syarat yang berat seperti menulis dimedia cetak atau elektronik.

Selain itu tulisan dalam blog tidak harus diteliti oleh para ahli sebelum dipublikasikan. Ini jelas berbeda jika anda menulis untuk para penerbit buku. Mereka akan menyeleksi secara ketat apakah tulisan anda laku benar-benar original, baik, berkualitas dan sesuai dengan pasar.

Oleh karena itu manfaat blog bagi pelajar sudah tidak perlu diragukan lagi. Terlebih jika anda tekun menulis artikel, maka bukan tidak mungkin suatu saat anda dapat menulis buku yang dapat dijual. Bayangkan saja jika anda mampu menulis cerpen atau novel bisa-bisa masuk televisi ujung-ujungnya. Jadi seriuslah dalam berlatih menulis.

3. Memperbanyak teman

Jika anda sudah memiliki blog dan mengelolanya dengan baik dan benar maka anda akan banyak teman. Darimana itu? Kalau anda menulis artikel yang bermanfaat bagi banyak orang anda akan mendapat respon positif dari mereka. Mereka akan berkomentar tentang topik atau artikel yang sedang anda bahas.

Bisa jadi dari seringnya mereka komentar inilah anda dan pembaca mulai akrab. Sehingga diantara kalian kecenderungan berkirim pesan semakin sering baik itu melalui email atau lewat media sosial.

Oleh karena itu jangan menutup kolom komentar pada blog anda. Dengan begitu anda akan berbagi pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat. Cara inilah yang membuat anda banyak teman yang cerdas dan saling membangun motivasi.

4. Melatih pola pikir

Sebagai pelajar tentunya anda tidak inginkan hanya menjadi pendengar yang setia. Bukan tidak boleh, tetapi jika anda dapat menjadi pembicarakan anda akan lebih hebat lagi. Sekedar informasi bahwa manfaat blog bisa mewujudkan rencana anda ini. Bagaimana caranya?

Tenang saja, bukankah di dalam blog anda harus banyak membaca dan menulis. Dari 2 hal ini anda dapat menciptakan suatu kreatifitas baru dalam berpikir. Inovatif dan kreatif adalah hal yang berdekatan.

Oleh karena itu pola pikir dari aktifitas dalam blog ini akan menjadikan anda lebih cerdas dan imajinatif. Pola pikir anda tidak akan terbatas pada apa yang dikatakan guru dan orang tua. Blog akan mengajarkan anda berpikir subyektif dan obyektif. Dengan begitu anda dapat menemukan solusi sebuah masalah dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

5. Memperoleh uang tambahan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa manfaat blog banyak digunakan untuk menghasilkan uang secara online. Berdasarkan fakta banyak blogger yang membuat blog dan menulis banyak artikel untuk menarik banyak pengunjung.

Setelah jumlah pengunjung dirasa sudah banyak mereka akan memonetisasi blog untuk mencari uang tambahan. Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog salah satu yang paling populer adalah Google Adsense. Program ini menawarkan komisi yang menggiurkan untuk para publishernya (penayang iklan).

Jika anda berumur 18 tahun anda dapat ikut program ini. Meskipun ada batasan umur kenyataannya banyak blog yang ramai setelah blog berumur 1 tahun lebih.

Oleh karena itu tetaplah diblog anda untuk menulis artikel yang original. Mengapa harus original? Karena original adalah syarat untuk menjadi publisher Adsense. Pelajarkan cerdas jadi anda pasti dapat membuatnya nyata. Bagaimana?

Kesimpulan
Walaupun memiliki blog itu melelahkan dan menyita waktu, tetapi ada banyak hal menyenagkan di sana. Menjadikan blog sebagai media belajar online adalah salah satunya. Oleh karena itu jangan takut memulai blog dan mengelolanya karena manfaat blog bagi pelajar sangat berguna untuk pendidikan anda, baik sekarang atau masa depan. Jadi nikmati saja menjadi seorang blogger pelajar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel