Tips Memilih Jurusan Kuliah Terbaik yang Membuat Anda Yakin dan Percaya Diri

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika seorang pelajar SMA/SMK/MA akan lulus sekolah sering kebingungan dalam memilih jurusan kuliah. Bagaimana tidak dengan banyaknya prodi / jurusan yang disediakan mereka tidak yakin dan percaya diri dengan kemampuannya. Terlebih lagi jika tidak ada support dari orang terdekat.

Memang pada dasarnya cita-citalah yang menjadi acuan dalam memilih jurusan kuliah, tetapi pada kenyataannya sebagian pelajar sering terbawa teman untuk memilih jurusan yang sama. Metode ini boleh saja anda jadikan sebagai pertimbangan. Namun tidak harus dipergunakan. Ingat, pada sebagian kasus tidak jarang sebagian pelajar beralih jurusan ketika memasuki semester kedua. Sebabnyapun beragam ada yang karena tidak mampu berpikir, beban tugas yang berat atau tidak tertarik lagi dengan jurusan tersebut.

Sebagai pelajar yang cerdas sudah sewajarnya untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Anda pasti telah mengetahui bahwa pada tahun ini 2016 sudah diberlakukan MEA di mana persaingan bisnis maupun usaha tidak lagi diproteksi oleh pemerintah. Hanya mengandalkan lulusan SMA atau sederajat tidak akan mampu bersaing dengan mereka dalam jangka panjang. Oleh karena itu pendidikan yang tinggi diperlukan untuk mengantisipasi hal tersebut.

Sayangnya kesalahan dalam memilih jurusan kuliah bisa menjadikan anda menempuh pendidikan semakin lama. Akibatnya apa yang anda pelajari menjadi kurang efektif dan efisien. Oleh karena itu pastikan anda memilih jurusan kuliah yang tepat sehingga tenaga dan pikiran yang anda optimalkan berbanding lurus dengan waktu yang singkat dan biaya yang murah.


Tips Memilih Jurusan Kuliah Terbaik yang Membuat Anda Yakin dan Percaya Diri


Tips Memilih Jurusan Kuliah Terbaik

1. Kecintaan

Menunjukkan hal yang positif jika jurusan kuliah yang anda pilih berdasarkan kecintaan. Mengapa begitu? Coba anda bayangkan jika anda memilih jurusan karena teman dekat pasti anda akan menyesal nantinya. Mungkin hanya sebagian kasus saja yang terjadi, tetapi saya melihat bahwa pelajar seperti ini keyakinannya terhadap diri sendiri adalah lemah. Bisa jadi pula motivasi belajarnya belum terbentuk.

Sebagai pelajar yang baik sudah semestinya yakin terhadap diri sendiri. Meskipun ada banyak orang yang memberi saran perihal jurusan kuliah. Namun jadikan kecintaan sebagai pondasi memilih. Anda bisa menemukan kecintaan tersebut dari keseharian anda, misal suka bermain masak-memasak atau cinta terhadap dunia jual beli.

Kecintaan inilah yang nantinya mendorong anda menjadi pelajar yang cerdas. Mau mengerjakan tugas kuliah dengan baik dan benar adalah bentuk kesungguhan dalam belajar. Selain itu juga mendorong anda mendalami materi tersebut dari berbagai sumber berbeda dan yang ada. Makanya tidak aneh jika pelajar atau mahasiswa seperti ini tidak mudah menyerah berusaha. Bahkan tidak jarang mereka akan senang belajar dalam waktu yang lama. Dengan modal inilah kesuksesan pelajar dapat diraih.

2. Peluang Kerja

Sebuah hal yang mengembirakan jika jurusan kuliah yang anda pilih memiliki peluang kerja yang cerah. Anda menjadi lebih dekat dengan kesuksesan hidup. Tidak perlu mencari pekerjaan susah-susah orang lain datang sendiri meminta anda bekerja di sana karena ilmu anda.

Berkaitan dengan prospek peluang kerja inilah sebuah jurusan kuliah dapat anda pertimbangkan. Mungkin bukan sesuatu yang anda cintai, tetapi jika hal tersebut bukan sesuatu yang anda benci rasanya sudah cukup.

Sebagian pelajar memilih jurusan kuliah hanya berdasarkan materi atau tugas yang nantinya dikerjakan memanjakan mahasiswanya sehingga setelah lulus kuliah kesusahan mencari pekerjaan. Berbagai sebabpun mereka kemukakan salah satunya karena kalah bersaing dengan orang lain dipeluang kerja yang sedikit.

Pintar-pintarlah anda mencari peluang kerja yang bagus sebelum anda memilih jurusan kuliah. Dengan begitu peluang anda menjadi pengangguran setelah selesai kuliah tidak terjadi. Untuk peluang kerja anda bisa melirik pada berita yang populer dimedia elektronik, media cetak atau media internet. Mempertimbangkan hal tersebut bukan jamannya lagi anda manja terhadap jurusan yang anda pilih. Apalagi di luar sana terdapat banyak orang dengan kemampuan di atas anda.

Lebih dari itu sebaiknya di samping anda kuliah anda sudah melatih diri untuk terjun dalam dunia bisnis. Meskipun hanya berupa bisnis sampingan, tetapi bisa jadi ini melatih mental anda menjadi pribadi yang mandiri.

3. Kecerdasan Otak

Banyak pelajar yang tidak mempedulikan kecerdasan otak yang dimiliki ketika akan memilih jurusan kuliah. Mungkin bukan masalah ketika anda memiliki otak yang cerdas karena mereka bisa bersaing disemua pelajaran bahkan dipelajaran yang dianggap sulit. Tidak hanya itu mereka memiliki tips belajar yang efektif meskipun waktu belajarnya singkat. Makanya sebuah prestasi tertinggi dapat diraih dengan mudah oleh mereka.

Namun bukan pilihan yang bijak jika kecerdasan otak anda rata-rata untuk memilih jurusan yang sulit meskipun banyak orang yang menginginkannya, seperti dokter. Ada baiknya anda memilih jurusan yang lebih bersahabat dengan kekuatan otak anda. Asalkan jurusan tersebut memiliki prospek anda untuk berprestasi sebenarnya layak untuk diperhitungkan, seperti guru, psikologi atau penyuluh pertanian. Ingat, semua jurusan kuliah mempunyai prospek masa depan sendiri-sendiri jadi anda tidak perlu khawatir atau takut.

Kesimpulannya, meskipun pada dasarnya anda bebas menentukan jurusan kuliah bukan berarti pilihan pertama anda sudah tepat. Bisa jadi anda memilih karena terburu-buru sehingga apa yang anda pilih hanya berupa keyakinan sementara. Oleh karena itu pergunakan 3 tips pelajar tersebut sebelum anda benar-benar memilih jurusan kuliah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel