Tips Rahasia Cara menjadi Pelajar yang Sukses Terpelajar

Pernahkah anda membayangkan diri sebagai pelajar yang sukses? Jika benar-benar terjadi tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Terlebih jika predikat ini diperoleh atas usaha dan kerja keras sendiri pasti akan sangat membanggakan. Tidak peduli itu orang tua atau guru mereka akan sangat sayang kepada kita.

Bagaimana tidak dengan menjadi pelajar yang sukses anda dengan mudah mendapatkan banyak teman. Tidak hanya itu saja dalam bergaul dengan dengan masyarakat disekitar anda pasti berduyun-duyun orang akan meninggikan derajat anda. Selain itu dalam hal pekerjaan anda nantinya bukan anda yang mencari pekerjaan, tetapi merekalah yang dengan rendah hati meminta anda menjadi karyawannya.

Masalahnya tidak semua orang mampu menjadi pelajar yang sukses. Walaupun itu merupakan keinginan semua pelajar. Namun kenyataannya hal tersebut tidak dapat diperoleh dengan mudah dan bersantai-santai. Dia adalah suatu titik prestasi yang hanya dapat diperoleh dengan kegigihan dan ketekunan belajar. Selain itu sangat dipengaruhi oleh mental dan pola pikir yang produktif, kreatif dan inovatif.

Makanya tidak jarang kita temukan beberapa pelajar yang sukses sangat sibuk dengan urusan belajar, belajar dan belajar. Mereka memanfaatkan waktu untuk menimba ilmu pengetahuan dan pengalaman. Merekapunmenjadikan hampir semua tempat menjadi media pembelajaran. Apakah itu disekolah, dirumah, atau dilingkungan masyarakat. Bahkan terkadang mereka juga menimba ilmu dari aktifitas mereka di luar rumah apakah itu sewaktu jalan-jalan, tamasya atau mengunjungi toko buku dan sebagainya.

Oleh karena itu mulailah mempersiapkan diri menuju pelajar yang sukses. Ada banyak hal yang bisa menjadi sebab dan alasan. Namun sebagai pelajar yang berpendidikan sudah semestinya anda berjalan menuju masa depan yang indah, cemerlang dan penuh inspirasi.

Tips Rahasia Cara menjadi Pelajar yang Sukses Terpelajar

Tips menjadi pelajar yang sukses terpelajar

 

1. Memiliki sifat jujur

Berkaitan dengan sifat jujur rasanya tidak berlebihan jika hal ini dijadikan sebagai modal utama pelajar yang sukses. Mengapa? Anda bayangkan jika tanpa sifat ini seorang pelajar yang cerdas bisa saja salah jalan. Mereka mudah saja menggunakan kecerdasannya untuk hal-hal yang negative. Makanya banyak kita dengar maupun kita lihat dimedia sebagian pelajar dengan pendidikan yang tinggi menjadi penjahat salah satunya koruptor.

Sebagai pelajar yang terdidik dalam dunia pendidikan sudah sewajarnya anda juga belajar mental dan pola pikir yang positif. Sehingga anda akan menjadi pelajar yang baik dan disukai banyak orang.

Oleh karena itu biasakanlah diri anda dengan sifat jujur dan mengarahkan orang lain berbuat jujur. Dengan begitu sebagai pribadi pelajar anda mampu menghadirkan rasa aman dan nyaman dihati anda dan dihati semua orang.

2. Memiliki disiplin yang tinggi

Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk menjadi pelajar yang sukses kedisiplinan diri sangatlah penting dan berharga. Bagaimana tidak dengan kedisiplinan tinggi anda dengan mudah mengerjakan segala bentuk aktifitas dengan terjadwal. Selain itu anda juga cepat menyelasaikan segala pelajaran karena fokus dan konsentrasi tercurahkan pada satu masalah yang ada.

Memanfaatkan kedisiplinan tinggi juga berpengaruh terhadap hasil yang diperoleh. Mengapa? Terus terang saja ada banyak pelajar yang memperoleh nilai akademik yang rendah karena karya yang dia lakukan hanya biasa-biasa saja. Namun ketika dia disiplin mengerjakan tugas dan fokus di dalamnya maka hasil yang diperolehpun luar biasa. Makanya tidak aneh jika pelajar seperti ini menjadi garda terdepan untuk mengikuti berbagai lomba baik bersifat lokal maupun internasional.

Saya menyadari bahwa kedisiplinan tidak terbentuk dengan mudah dan cepat. Bahkan ia membutuhkan tekad dan motivasi dari orang lain. Meskipun begitu mulailah menerapkan kedisiplinan diri. Bagaimanapun juga sifat dan sikap ini akan membantu dan mengarahkan anda pelajar yang sukses.

3. Memiliki Motivasi hidup yang kuat

Berbicara motivasi hidup seorang pelajar sepertinya harus ditanyakan kepada pribadi masing-masing. Sebagai pelajar yang baik apa saja motivasi hidup anda? Meskipun pendidikan yang tinggi sangat bermanfaat. Namun apakah anda sudah cukup dengan mendapatkan gelar sarjana atau ada yang lain?

Jika anda hanya mengejar gelar sarjana berarti anda keliru. Mengapa? Mungkin anda banyak mendengar dan menyaksikan sendiri bahwa seorang sarjana setelah lulus menjadi pengangguran. Bukan karena tidak punya kemampuan, tetapi karena mengidamkan pekerjaan yang spesifik.

Anda bayangkan mereka rela menganggur karena belum ada pekerjaan yang sesuai dengan gelarnya. Celakanya lagi mereka tidak mau bekerja di luar jurusan yang pernah ditempuhnya disekolah. Bukankah mental ini terbentuk karena motivasi hidup yang rendah?

Sebagai pelajar yang baik tidak seharusnya anda menyerah dengan keadaan yang sulit. Percayalah bisa jadi keadaan tersebut membantu diri anda menggali ilmu pengetahuan dan pengalaman sehingga tanpa terasa mengarahkan anda menjadi orang yang sukses. Cobalah cermati kehidupan Albert Einstein sebelum dia menjadi tokoh dunia dalam bidang fisika. Bukankah seharusnya pelajar yang sukses berpikiran jauh untuk menjadi pemenang?

4. Memiliki jiwa seorang guru

Mungkin anda bertanya mengapa pelajar yang sukses harus memiliki jiwa seorang guru? Untuk menjawab pertanyaan ini sederhana saja. Coba anda meneliti kebanyakan tokoh fenomenal dunia. Apakah mereka disebut sukses karena hartanya atau ilmunya.

Ketika orang cerdas ditanya tentang hal tersebut maka pastilah mereka akan menjawab karena ilmunya. Mengapa? Perhatikan apa yang mereka perbuat dan kerjakan. Bukankah mereka menciptakan sebuah karya yang inspiratif sehingga membantu banyak orang. Handphone untuk berkomunikasi, atau lampu untuk penerangan adalah contoh karya orang yang sukses.

Berkaitan dengan hal ini rasanya tidak aneh jika anda mencontoh mereka. Menghadirkan diri menjadi pribadi yang berguna bagi orang lain adalah sifat orang sukses. Oleh karena itu mulailah hiasi hidup anda dengan hal-hal positif yang membantu kesulitan teman anda terutama untuk masalah belajar mereka.

Meskipun demikian bukan berarti ketika ulangan atau ujian anda membantu memberikan jawaban yang benar. Membantu di sini adalah anda mampu mengarahkan teman anda menjadi pribadi yang termotivasi belajar karena pengaruh anda. Dengan begitu secara tidak langsung anda menjadi guru bagi mereka dan menjadi pelajar yang sukses.

Kesimpulannya
Meskipun untuk menjadi pelajar yang sukses membutuhkan tekad, perjuangan dan kesabaran yang luar biasa. Namun seiring berjalannya waktu semua itu akan membuahkan hasil yang maksimal dan membanggakan. Mulailah menghadirkan cara seorang pelajar dalam memandang masa depan sehingga perjalanan yang berliku tidak akan menghalangi anda menjadi pelajar yang sukses.
Punya saran lain? Silahkan dishare.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel