Tips Praktis Cara Belajar yang Baik dan Betul

Sebagai seorang pelajar sudah sewajarnya jika merencanakan cara belajar yang baik dan betul. Targetnya jelas supaya pikiran untuk konsentrasi dan fokus dapat diwujudkan. Oleh karena itu pelajaran dapat diserap secara sempurna dengan mengedepankan efektifitas dan efisiensi belajar.

Masalahnya tidak semua orang mengetahui cara belajar yang baik dan betul. Akibatnya belajar mereka tidak afektif. Celakanya lagi mereka tidak menyerap pelajaran apapun yang dibaca atau didengar. Sementara itu mereka kepayahan karena melakukan pekerjaan yang melelahkan.

Karena itulah penting sekali bagi kita semua mengetahui cara belajar yang baik dan betul agar belajar anda lebih efektif. Dengan begitu hasil pembelajaran yang didapatkan akan maksimal dan optimal. Bagaimana caranya?


Tips Praktis Cara Belajar yang Baik dan Betul

Cara Belajar yang Baik dan Betul


1. Gairah belajar

Sebelum memulai belajar sebaiknya anda menguatkan gairah dan semangat anda. Terlepas dari kecenderungan orang berbeda-beda mengenai hal yang ingin dicapai gairah adalah bahan bakarnya. Dengan ini anda tidak perlu khawatir tentang pelajaran yang susah karena gairah membangun anda mencintai pelajaran tersebut.

Meskipun demikian untuk menumbuhkan gairah belajar susah susah gampang. Mengapa? Ada banyak faktor internal yang mempengaruhinya seperti target yang ingin dicapai, pelajaran yang dapat diambil atau pengalaman yang ingin diketahui. Selain itu faktor keluarga juga berpengaruh seperti keadaan ekonomi dan pendidikan keluarga.

Oleh karena itu segera temukan hal yang ingin anda raih. Dengan begitu semangat belajar anda akan terbangun seriring jelasnya tujuan dan terget belajar.

2. Mengulang pelajaran

Berkaitan dengan mengulang pelajaran rasanya tidak aneh jika cara ini menjadi sangat efektif untuk belajar. Di samping manambah jam belajar anda juga membantu anda meningkatkan daya ingat menjadi lebih kuat.

Meskipun mengulang adalah pekerjaan yang membutuhkan waktu lama. Namun perlu anda ketahui bahwa cara ini membantu otak anda berpikir secara rutin dan konsisten. Oleh karena itu tidak heran jika metode ini menjadikan sebagian mudah menghafal pelajaran dalam waktu singkat.

3. Menulis ringkasan

Dalam dunia pendidikan seringkali pelajaran yang harus dikuasai berupa buku-buku tebal. Tentu saja ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi jika harus dikerjakan secara manual membaca kata perkata yang dapat memakan waktu berjam-jam.

Oleh karena itu menulis sebuah ringkasan bisa menjadi solusi terutama untuk menghadapi ujian sekolah/univesitas. Membuat ringkasan membantu anda meyeleksi bagian-bagian yang penting yang merupakan ide pokok dari materi tersebut.

4. Konsisten dengan jam belajar

Sebagian pelajar hanya belajar saat dekat ujian sekolah dengan memaksakan diri belajar semalam. Akibatnya pada saat jam ujian bukan materi pelajaran yang muncul, tetapi efek kelelahan karena mengantuk.

Kenyataan ini seharusnya menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa belajar yang baik dan betul tidak dapat dicapai dalam semalam. Terlebih lagi jika mengharapkan nilai akademik yang tinggi disekolah. Semua butuh proses dan kerja keras yang berkelanjutan.

Berkaitan dengan hal itu memperhatikan jam belajar adalah solusinya. Usahakan setiap hari anda belajar selama 3-5 jam untuk meringankan kerja otak anda. Di samping itu perlu anda ingat bahwa daya ingat seseorang adalah terbatas.

Kesimpulan
Terlepas dari segala kesulitan belajar yang anda hadapi tetap saja anda harus berupaya menjadikan cara belajar yang baik dan betul ini sebagai solusi. Dengan begitu kemampuan konsentrasi dan daya ingat anda akan meningkat secara beraturan dan terjadwal. Anda punya saran lainnya? Silahkan dishare!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel